Menhub: Pemudik Di 2024 Suka Jalan Malam

Menhub: Pemudik Di 2024 Suka Jalan Malam

OTODRIVER Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan, bahwa perjalanan pemudik via empat jalur tol utama arah keluar Jakarta mengalami perubahan waktu. Jika dibandingkan pola tahun lalu yang lebih banyak dilakukan saat siang hari, arus mudik melewati ruas tol Cikatama, Kalitama, Ciawi, dan Cikupa pada tahun ini dilakukan saat malam. 

Bersama Kapolri dan Panglima TNI, awal pekan ini (8/4), Menhub meninjau pelaksanaan operasional kendali arus mudik di gerbang tol Cikampek (Cikatama). Dari lokasi yang disambangi, Budi juga melakukan sejumlah evaluasi dan arahan atas arus mudik untuk empat gerbang tol pintu keluar Jakarta; Cikatama, Kalitama, Ciawi dan Cikupa.

Tak lupa disampaikan duka cita mendalam atas musibah kecelakaan yang terjadi di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin pagi (8/4). Menurutnya kejadian itu merupakan pelajaran yang mahal dan menjadi bahan evaluasi pelaksanaan mudik ke depan, baik dari sisi kebijakan maupun sosialisasi kepada masyarakat.

Tak lupa, Menhub pun memberi apresiasi bagi para petugas di lapangan yang bekerja sepanjang waktu.

Manfaatkan rest area untuk istirahat

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan pesan bagi pemudik untuk menjaga kondisi tetap prima dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik. "Jika memang kelelahan, harus beritirahat di rest area yang telah disediakan,” wantinya.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo juga mengatakan, bahwa manajemen mudik di empat gerbang utama keluar Jakarta berjalan  baik. Mulai awal masuk KM 50 hingga KM 414 di Kalikangkung (Jawa Tengah).

Hasilnya, menurut Kapolri, waktu tempuh rerata dari rentang kedua titik itu  6,7 jam atau lebih cepat dibandingkan kondisi ‘biasa’ yang 8 jam. Puncak arus mudik juga sudah bisa dimundurkan ke H-4. Tahun lalu puncaknya H-3 Lebaran.

"Pengemudi, tidak perlu memaksakan diri ketika merasa  lelah. Karena akan bisa berdampak fatal," tutup Sigit. (EW)

Waspadai selalu perubahaan pencahayaan jalan saat pergantian waktu terang ke gelap maupun sebaliknya
Reflek atas nyala lampu rem secara 'teori' adalah 3 detik, jaga jarak dan jaga kecepatan solusi amannya

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com