Mengikuti Amerika Serikat, Eropa Bakal Kenakan Tarif Khusus Mobil Listrik Tiongkok

Penulis: Aditya Widiutomo
Minggu, 16 Juni 2024 06:00 WIB
Berita - Mengikuti Amerika Serikat, Eropa Bakal Kenakan Tarif Khusus Mobil Listrik Tiongkok
Bagikan ke:
Mobil listrik asal Cina bakal dikenakan tarif impor yang lebih tinggi.

OTODRIVER – Mobil listrik asal China bakal dikenakan tarif impor yang lebih tinggi. Seperti dikutip dari Kantor Berita Antara (15/6), komisi Uni Eropa (UE) mengancam akan memberlakukan tarif impor khusus pada mobil listrik asal China dan direncanakan mulai berlaku pada 4 Juli, kecuali jika tercapai kesepakatan alternatif dengan pemerintah China.

Komisi UE sendiri mengatakan bahwa hal ini guna melindungi produsen mobil listrik asal Eropa. Selain itu, Langkah ini diambil untuk menanggapi respons ‘subsidi tidak adil’ yang diberikan di China dan juga mengikuti regulasi di Amerika Serikat.

Foto - Mengikuti Amerika Serikat, Eropa Bakal Kenakan Tarif Khusus Mobil Listrik Tiongkok
Zeekr X

Dalam skenario terburuk, tarif sebesar 38,1 persen akan dikenakan, ditambah dengan bea masuk reguler 10 persen untuk semua kendaraan dari China, sehingga total tarif bisa mencapai 48,1 persen. Produsen mobil listrik terbesar dunia, "Build Your Dreams" (BYD), akan dikenai tarif tambahan antara 17 dan 20 persen di luar tarif reguler.

Kendati demikian, Kementerian Perdagangan Tiongkok menyatakan akan mengajukan gugatan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) jika diperlukan, terkait rencana Uni Eropa (UE) untuk memberlakukan bea masuk sementara terhadap impor kendaraan listrik (EV) dari Cina. Juru bicara Kemendag China, He Yadong, mengatakan dalam konferensi pers bahwa temuan awal UE tidak memiliki dasar faktual maupun hukum.

Menurutnya, langkah UE ini melanggar hak dan kepentingan industri mobil listrik China, mengganggu kerja sama China-Eropa di sektor kendaraan energi baru, serta merusak rantai pasokan dan industri otomotif global, termasuk di UE. (AW).

#mobil #listrik

Bagikan ke:
Jangan lewatkan 2

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.