Hyundai Venue Terendus Masuk Indonesia. Ini Spesifikasi Uniknya

Ditemukan perbedaan data spesifikasi pada varian yang akan masuk Indonesia
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Sabtu, 31 Agustus 2024 20:55 WIB
Berita - Hyundai Venue Terendus Masuk Indonesia. Ini Spesifikasi Uniknya
Bagikan ke:

OTODRIVER - Setelah Hyundai Santa Fe dan Tucson terbaru dikabarkan akan masuk orbit pasar Indonesia. Kini giliran Hyundai Venue terindikasi masuk ke pasar domestic Negeri Batik.

Sama dengan dua model sebelumnya, Bilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari Venue pun sudah terdaftar samsat-pkb.jakarta.go.id.

Dari sinilah terkuak PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mendaftarkan tiga model  Venue beserta dengan harga sebelum pajak yakni :

  • Venue 1.0 T 4x2 AT                 Rp 180.000.000               
  • Venue 1.2 4x2 AT                    Rp 155.000.000
  • Venue 1.0 GL DCT Patrol        Rp 170.000.000

Saat ditanyakan kehadiran mobil ini pada Hyundai Motor Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto selaku Chief Operating Officer (COO) PT HMID memberikan jawaban diplomatis. “Pastinya, Hyundai Motor Indonesia akan  senantiasa memperbaharui dan menambah produk yang akan kami jual di Indonesia seperti Santa Fe, Tucson, dan masih banyak lagi model lainnya,” jelas pria yang akrab disapa Frans.

Lalu seperti apakah profil detail mobil yang disebut sebagai model global termungil dari Hyundai ini?

Sebenarnya Venue bukan model yang terlalu baru. Model ini umurnya sudah menginjak 5 tahun.

Pertama kali diperkenalkan pada 2019 dan telah mendapatkan beberapa kali penyegaran hingga refreshment yang paling terakhir terjadi pada Juni 2022 silam.

Foto - Hyundai Venue Terendus Masuk Indonesia. Ini Spesifikasi Uniknya
NJKB - Hyundai Venue

Kemungkinan besar versi facelift terakhir inilah yang bakal masuk Indonesia. Tapi bisa saja akan ada kejutan dari Hyundai mengenai tampilannya saat diluncurkan di Indonesia kelak.

Jika mengacu pada model yang dipasarkan di India ataupun beberapa negara lainnya seperti Vietnam, maka akan ada dua pilihan mesin yakni 4 silinder inline 1.2 liter dan  3 silinder inline 1.0 liter. 

Mengapa kita mengambil varian yang dijajakan di India dan negara Asia lainnya? Tak lain karena adanya kesamaan data dengan yang terpampang di NJKB. Sedangkan versi Amerika Utara, Australia ataupun Timur Tengah yang menggunakan mesin 1.6 liter.

Kembali ke mesin. Versi mesin 1.2 liter mampu memompa daya 82 hp dan torsi 115 Nm yang diakurkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Di sini ada perbedaan dengan data yang diambil dari NJKB, di mana di sana terpampang bahwa pilihan transmisinya adalah matik.

Sedangkan untuk mesin 1.0 T dikabarkan mampu meretas daya sebesar 120 hp dan torsi 172 Nm. Versi mesin ini diakurkan dengan transmisi 7 percepatan dual-clutch automatic ataupun 6 speed manual. Tapi lagi-lagi ada beda data di mana mesin 1.0 T justru diakurkan dengan transmisi automatic (tidak diketahui jenis apa). Mengacu pada data NJKB transmisi dual-clutch justru diakurkan dengan mesin 1,0 liter yang ditulis sebagai Venue 1.0 GL DCT Patrol. Lagi-lagi datanya berbeda.

Berbincang mengenai dimensi, ia punya panjang 3.995mm, lebar 1.770mm, tinggi 1.617mm dan sumbu roda 2.500mm. Artinya ia lebih kecil dari SUV rivalnya yakni Toyota Raize ataupun Daihatsu Rocky. 

Nah…apakah kelak Venue versi Indonesia benar-benar memberi kejutan baru?

Kita tunggu saja. (SS)

#hyundai-venue #hyundai-indonesia

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.