Honda CR-V e:FCEV Berbahan Bakar Hidrogen Diluncurkan Tahun Ini

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Senin, 10 Juni 2024 11:50 WIB
Berita - Honda CR-V e:FCEV Berbahan Bakar Hidrogen Diluncurkan Tahun Ini
Bagikan ke:
Mobil ini dikembangkan dengan mengasup teknologi hasil kerjasama Honda dan GM

OTODRIVER – Hidrogen disebut-sebut akan menjadi masa depan otomotif dunia dan nampaknya Honda akan terlibat lebih jauh pada teknologi ini.

Keseriusan Honda diwujudkan dengan diproduksinya CR-V e:FCEV dengan asupan teknologi hydrogen fuel cell electric vehicle (FCEV) secara masal di Performance Manufacturing Centre (PMC), Marysville, Ohio, AS. Lebih jauh lagi, mobil ini akan mulai dijual pada pertengahan 2024 ini di AS dan kemudian dijajakan di Jepang pada akhir tahun.

Dikutip dari Motor1, mobil yang mengambil basis bodi dari CR-V Gen 6 ini menggunakan sistem yang dibuat oleh Fuel Cell System Manufacturing LLC di Brownstown, Michigan, AS. Sistem ini merupakan hasil kolaborasi Honda dan General Motors (GM).

Foto - Honda CR-V e:FCEV Berbahan Bakar Hidrogen Diluncurkan Tahun Ini
Dilengkapi dengan baterai dan tambahan fitur plug-in 

Berdasar pengujian oleh US Environmental Protection Agency (EPA) atau Badan Lingkungan Hidup AS, SUV ini mampu menjelajah lebih dari 500 kilometer (270 mil) dengan kapasitas hidrogen penuh dan punya daya jangkau tambahan 53 kilometer atau 29 mil dari murni mengandalkan baterainya.

Salah satu keunikan dari CR-V e:FCEV ini adalah terdapatnya tambahan fitur plug-in untuk pengisian daya baterainya yang mampu meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

Mobil ini pertama kali dipamerkan di depan publik dalam acara The 21st International Hydrogen & Fuel Cell Expo di Tokyo awal 2024 silam.

Mobil hidrogen dianggap sebagai masa depan otomotif dunia lantaran mampu menghasilkan mobil dengan emisi sangat rendah dan pengisian bahan bakarnya yang relatif singkat.

Sebelumnya Honda sudah memiliki jajaran produk dengan asupan hidrogen. Pada 2002, mereka memperkenalkan Honda FCX, kemudian pada 2008 muncul Honda FCX Clarity dan Honda Clarity Fuel Cell yang dikenalkan pada 2016 dan diproduksi hingga 2021. (SS)

#honda-cr-v #honda-cr-v-efcev #hidrogen #fuel-cell-electric-vehicle

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.