Foton Ingin Rakit EV Komersial di Indonesia. Jadikan Pusat Produksi Untuk ASEAN

Foton Ingin Rakit EV Komersial di Indonesia. Jadikan Pusat Produksi Untuk ASEAN

OTODRIVER - Ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024. Foton unjuk pertama jajaran kendaraan komersial listrik mereka.

Setidaknya ada tiga model kendaraan yang dipamerkan yakni Foton e-Truckmate, e-Aumark dan e-View.

“Data menunjukkan penjualan kendaraan listrik di Indonesia pada tahun 2023 meningkat 300 persen dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini menegaskan bahwa masyarakat Indonesia semakin dapat menikmati kelebihan dari kendaraan berbasis energi yang ramah lingkungan dan efisien,” buka Edi Napis, Chief Operating Officer PT Indomobil Global Transportasi, selaku pemegang brand Foton saat perkenalan ketiga mobil listrik pekan ini.(7/3).

Edi mengatakan bahwa jejak Foton di bidang kendaraan listrik di China jadi modal yang kuat untuk membawa produk-produk mobil-mobil komersial ke Indonesia.

Foton e-View

Untuk memperkuat posisi Foton di Indonesia, Edi menguraikan lagi bahwa beberapa strategi bisnis yang inovatif dan progresif bertujuan untuk meningkatkan populasi Foton. Salah satunya menyegerakan melakukan produksi secara CKD atau Completely Knocked Down untuk produk Foton EV di Indonesia.

“Produksi CKD ini memungkinkan kami untuk menurunkan biaya produksi dan meningkatkan kandungan lokal sehingga konsumen dapat menerima insentif pajak dari program pemerintah. Dengan demikian, kami dapat menawarkan harga yang lebih kompetitif dan terjangkau bagi pelanggan di Indonesia,” lanjutnya.

Dikabarkan bahwa pihak Foton akan segera memanfaatkan fasilitas perakitan mobil milik kelompok Indomobil yang ada di wilayah Pulo Gadung, Jakarta Timur. Masih menurut Edi, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi atau perakitan produk Foton yang akan dipasarkan di kawasan ASEAN. “Hal itu sudah masuk dalam rencana kami,” tegasnya.

Sebenarnya Foton merupakan label yang tidak asing, khususnya untuk melakukan perakitan di Tanah Air. Tahun 2008 pernah melakukan perakitan untuk Foton View di unit produksi Gaya Motor milik kelompok Astra. (SS) 

Foton e-Aumark

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com