Demi Bersaing di Pasar EV Global, Mercedes-Benz Investasi Rp 30 Triliun di China

Investasi ini untuk mengembangkan jajaran produk mereka untuk pasar Tiongkok.
Penulis: Ahmad Biondi
Jumat, 6 September 2024 10:00 WIB
Berita - Demi Bersaing di Pasar EV Global, Mercedes-Benz Investasi Rp 30 Triliun di China

Bagikan ke:

OTODRIVER – Untuk dapat meningkatkan penjualan mereka secara global, Mercedes-Benz mengumumkan niat investasi lebih dari 14 miliar yuan (2 miliar dolar AS) atau sekitar Rp 30,8 triliun.

Investasi tersebut ditujukan kepada mitra lokal guna memperluas jajaran produknya di Tiongkok, seperti dilaporkan Carnewschina pada Kamis (5/9) waktu setempat.

Mercedes-Benz akan mulai memproduksi model CLA bertenaga listrik dengan jarak sumbu roda panjang yang eksklusif di China, SUV GLE dengan jarak sumbu roda panjang dan MPV listrik mewah baru yang berbasis pada platform VAN.EA mulai tahun 2025.

Ketua Dewan Manajemen Mercedes dari Mercedes-Benz Group, Ola Källenius mengatakan bahwa pasar Tiongkok adalah salah satu pilar utama strategi global Mercedes-Benz Group dan merupakan kekuatan pendorong utama di balik transisi menuju elektrifikasi dan inovasi teknologi.

Mercedes-Benz tetap berkomitmen untuk investasi jangka panjang di Tiongkok, terlibat secara mendalam dan berkontribusi pada peningkatan industri otomotif Tiongkok,” katanya.

Pengumuman ini muncul di tengah kemungkinan penutupan pabrik Volkswagen di Jerman dan tarif baru Uni Eropa untuk kendaraan listrik China. Dilaporkan bahwa lebih dari 10 miliar yuan (1,4 miliar dolar AS) akan dialokasikan untuk operasi kendaraan penumpang, sementara lebih dari 4 miliar yuan (550 juta dolar AS) akan diinvestasikan dalam kendaraan komersial ringan.

Model-model baru yang diproduksi di dalam negeri ini akan diproduksi oleh perusahaan patungan Mercedes yang sudah ada, Beijing Benz (perusahaan patungan dengan BAIC) dan Fujian Benz.

Foto - Demi Bersaing di Pasar EV Global, Mercedes-Benz Investasi Rp 30 Triliun di China
Mercedes-Benz siapkan banyak model baru di pasar TIongkok

Selain itu, Mercedes juga mengungkapkan informasi tentang sistem operasi MB.OS barunya, yang akan memulai debutnya dengan model lokal baru. Sistem ini akan menampilkan asisten virtual baru serta sistem mengemudi pintar "end-to-end".

Mengemudi pintar "end-to-end" adalah terminologi umum yang digunakan oleh produsen lokal untuk menggambarkan solusi mengemudi otomatis mereka yang mulai diadopsi Mercedes.

Menurut statistik dari Mercedes, perusahaan telah berinvestasi lebih dari 100 miliar yuan (14 miliar dolar) di Tiongkok dari tahun 2014 hingga 2023, dengan 10 miliar yuan (1,4 miliar dolar AS) digunakan untuk R&D selama lima tahun terakhir. (AB)

#investasi-mercedes-benz #mobil-baru-mercy-di-china #harga-mercy #mercedes-benz #ev-mercy

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.