City Rally Kembali Digelar, Jadi Momentum Bangkitnya Lomba Klasik Di Era 80 dan 90-an

City Rally merupakan cabang olah raga otomotif klasik yang sohor di era 80 dan 90-an
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Rabu, 21 Agustus 2024 14:17 WIB
Berita - City Rally Kembali Digelar, Jadi Momentum Bangkitnya Lomba Klasik Di Era 80 dan 90-an
Bagikan ke:

OTODRIVER - City Rally atau Reli kota pernah menjadi salah satu cabang oleh raga yang cukup populer di era 80 dan 90an. Kegiatan otomotif berbasis catatan waktu ini kembali dibangkitkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat di tahun 2024 ini. IMI DKI Jakarta mendapatkan mandat untuk melaksanakan dan memasukkan kegiatan tersebut dalam agenda kejuaraan nasional.

Putaran pertama City Rally ini dilangsungkan di wilayah Jakarta Untuk eksekusinya, IMI DKI menggandeng Volkswagen Van Club (VVC) yang didukung House Of Volkswagen Sentul  (HOV’S) sebagai bagian dari Jakarta Storm (JS) Speed. Karena itulah kemudian event ini dilabeli sebagai ‘HOV’S Jakarta City Rally 2024.’

Event pertama itu berlangsung pada Minggu (18/8/2024) dan terbuka untuk semua komunitas otomotif roda empat, masyarakat umum dan lintas profesi. Tercatat puluhan kendaraan roda empat mengikuti kemeriahan acara ini.

“Jadi ini Kejurnas City Rally yang pertama digelar IMI. Sebelumnya memang ada, namun lebih bersifat regional masing-masing daerah. Karena standarnya Kejurnas, maka persiapannya harus detail dan menarik program acaranya,” jelas Arief Gunawan, Ketua Panitia Pelaksana HOV’S Jakarta City Rally, dalam keterangan resminya. 

Berdasarkan survey rute dan lokasi yang sudah dilakukan pihak panitia, tercatat jarak sejauh sekitar 

95 km yang harus ditempuh oleh peserta rally kota ini. Rentang jarak sejauh ini, menurut Arief, masih sangat cukup aman bagi peserta dengan mobil listrik.

Selain melewati daerah-daerah yang menarik untuk mendukung program pariwisata, kegiatan ini pun ditujukan juga untuk memperingati ulangtahun kemerdekaan Indonesia yang ke 79, sehari sebelumnya. Untuk itu kegiatan ini pun lewati beberapa daerah yang memiliki keterkaitan sejarah perjuangan bangsa yang ada di sekitar Jakarta.

Walau namanya ada imbuhan Rally, bukan berarti lantas menjadi ajang adu kencang dan performa. Ajang ini digelar sebagai kegiatan edukasi berkendara yang baik dan santun berlalulintas sebagai aspek utamanya baru kemudian di sinergikan dengan ketepatan waktu dan lain sebagainya. (SS)

#city-rally #imi-dki

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.