Beda Dengan Pabrikan Jepang Lainnya. Nissan Tentukan EV Sebagai Masa Depan

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Sabtu, 8 Juni 2024 14:00 WIB
Berita - Beda Dengan Pabrikan Jepang Lainnya. Nissan Tentukan EV Sebagai Masa Depan
Bagikan ke:
Hybrid tetap jadi jembatan ke mobil listrik sepenuhnya

OTODRIVER - Jika Toyota, Mazda dan Subaru mengumumkan bahwa mesin bakar masih punya ‘nafas’ di masa depan, namun tidak demikian dengan Nissan. Pabrikan yang bermarkas besar di Yokohama, Kanagawa, Jepang itu justru memutuskan untuk berhenti berinvestasi pada mesin bensin dan solar.

Mengutip dari Drive, Francois Bailly, Senior Vice-President dan Chief Planning Officer perusahaan tersebut untuk kawasan Afrika, Timur Tengah, India, Eropa, dan Oseania (AMIEO) buka suara tentang apa yang akan terjadi di masa depan.  "Masa depan kami adalah EV. Kami tidak berinvestasi pada powertrain baru untuk ICE, itu sudah pasti," tutur Bailly.

Walau demikian Bailly mengatakan bahwa peralihan dari mobil bertenaga konvensional ke model full listrik akan dilakukan melalui teknologi e-Power milik Nissan. Ini adalah pengaturan hybrid yang tidak konvensional di mana mesin pembakaran bertindak sebagai generator untuk mengisi daya baterai saja, sementara mobil sepenuhnya bergerak dengan ditenagai motor listrik alias electric driven.

Untuk mendapatkan mesin yang lebih hemat, maka Nissan akan meningkatkan efisiensi termal mesin pembakaran hingga 50 persen. Mereka telah mengerjakan teknologi ini selama beberapa tahun, dan pada awal tahun 2021 mengumumkan bahwa prototipe e-Power mencapai tonggak sejarah tersebut selama pengujian.

Perlu digarisbawahi, bahwa Nissan hanya memoles mesin bakar yang ia miliki dan tidak akan mengeluarkan uang untuk membuat mesin baru. (SS)

#nissan #bev #hybrid #range-extender #ice #nissan-indonesia #nissan-leaf

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.