Volkswagen Golf Generasi 9 Tinggalkan Mesin Konvensional

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Minggu, 10 September 2023 13:00 WIB
Berita - Volkswagen Golf Generasi 9 Tinggalkan Mesin Konvensional
Bagikan ke:
Diperkirakan mobil ini bakal masuk ke pasar pada 2028 mendatang

OTODRIVER - Volkswagen Golf merupakan salah satu model paling menonjol dalam jajaran pabrikan asal Jerman itu.

Baru-baru ini pabrikan yang didirikan oleh Serikat Buruh Jerman pada 1937 itu mengungkapkan bahwa pada generasi kesembilan, Golf sepenuhnya hanya tersedia sebagai model mobil listrik murni.

Berdasarkan laporan dari Autocar, Golf Mk9 akan menggunakan platform SSP yang menggantikan platform MEB yang digunakan saat ini.

Platform SSP juga akan menjadi dasar arsitektur brand premium dari Volkswagen Group seperti Audi dan Porsche. Dengan demikian menjadikan Gen IX Golf sebagai hatchback tercanggih secara teknologi.

“Arsitektur SSP akan menyeimbangkan kebutuhan akan skala dan standardisasi dengan diferensiasi dan kecepatan,” kata CEO Grup Volkswagen Oliver Blume baru-baru ini. Blume pun memberikan gambaran serangkaian kemajuan teknologi yang akan membedakan kendaraan listrik gelombang kedua VW ini dari generasi pertamanya.

Sebagai catatan, generasi Golf bertenaga listrik sebelumnya hadir sebagai Volkswagen e-Golf yang masuk dalam keluarga Golf Mk 7.

Golf Mk9 dirancang untuk bisa menggunakan baterai baru arsitektur 800v yang dapat melakukan pengisian ulang baterai 10 hingga 80 persen dalam waktu 12 menit saja.

Tidak hanya itu, SSP juga dirancang dengan mempertimbangkan pengemudian otonom dan fitur-fitur terhubung lainnya.

Thomas Schafer, CEO Volkswagen mengatakan bahwa perusahaannya kini semakin fokus pada kendaraan listrik, Ia mengatakan bahwa VW pun akan mennyuguhkan varian performance dari Golf BEVnya itu.

Schafer menambahkan bahwa badge R akan tetap dipertahankan sebagai versi performance dengan penggerak semua roda.
Golf Mk9 diprediksi akan masuk ke pasar pada 2028 (SS)

#vw-golf #mk9 #bev #ssp-architecture

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.