Tilang Manual Kembali Diterapkan, Sudah Mulai di Daerah Ini

Sudah ada ETLE pelanggar lalu lintas malah meningkat, untuk itu Polri mempertimbangkan untuk kembali menerapkan tilang secara manual.
Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Jumat, 6 Januari 2023 10:20 WIB
Berita - Tilang Manual Kembali Diterapkan, Sudah Mulai di Daerah Ini
Bagikan ke:

Setiap pengemudi wajib mematuhi peraturan dalam berlalulintas demi menjaga keselamatan dalam berkendara. Tentunya jika melanggar dapat membahayakan diri sendiri, pengguna jalan lain dan pastinya dapat tindakan hukum dari petugas kepolisian.

Polisi juga sudah terus memaksimalkan tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Namun yang menjadi masalah adalah pelanggar lalu lintas malah meningkat, untuk itu Polri mempertimbangkan untuk kembali menerapkan tilang secara manual.

"Apakah akan dilakukan berlakukan lagi tilang manual? Itu tadi. Kalau saya boleh bilang itu tadi, kayaknya nanti kenapa saya harus pertimbangkan. Salah satunya itu tadi, masyarakat beberapa bukannya kesadaran yang muncul. Ketika polisi tidak melakukan penilangan, bukannya sadar. Tapi yang ada pelat nomornya dicopot yang belakang," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi dikutip dari NTMC Polri, Jumat (6/1).

Foto - Tilang Manual Kembali Diterapkan, Sudah Mulai di Daerah Ini

Semenjak tilang manual ditiadakan, Firman sudah memberikan arahan kepada jajaran di bawahnya, yakni di jalan raya tidak harus menilang tetapi juga memberikan peringatan, dengan maksud agar masyarakat muncul kesadaran tertib berlalu lintas, mematuhi peraturan

“Kalau masyarakatnya tadi itu tidak muncul kesadaran, ya Gakkum dengan kehadiran polisi dengan penegakkan hukumnya akan kita munculkan lagi," papar Firman.

Sementara itu, Polres Grobogan kembali melakukan penindakan menggunakan tilang manual. Hal itu, dilakukan menyusul banyaknya pelanggaran lalu lintas usai penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Padahal sudah ada dua kamera ETLE diwilayah itu.

"Saat ditetapkan ETLE, masyarakat cenderung bebas melanggar seperti tak memakai helm dan menerobos lampu traffic light," ujar Kasat Lantas Polres Gorobogan AKP Deni Eko Prasetyo dikutip dari radarkudus, Jumat (6/1).

Satlantas Polres Pekalongan juga kembali mulai menerapkan tilang manual, yang sudah diterapkan per tanggal 1 Januari 2023.

“Rencana penindakan tilang manual itu karena banyak pengendara yang memanipulasi pelat nomor kendaraan agar tak tertilang electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik,” ujar Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria dikutip dari tribratanews.jateng, Jumat, (6/1).

Menurut Pakar Transportasi dari Universitas Indonesia Prof. Tri Tjahjono, sebenarnya tilang manual masih perlu dilakukan. Keberadaan ETLE merupakan sebuah keniscayaan karena lingkupnya masih kecil dan terbatas, bahkan tak dapat menangkap pelanggaran secara luas.

“Karena saya mengkritisi ETLE maka tilang manual masih diperlukan. Tilang manual masih efektif, maka ekosistemnya harus dibentuk. Dimana bila ekosistemnya belum dibentuk dan belum berskala nasional, maka tilang manual masih tetap diberlakukan,” kata Prof. Tri Tjahjono.

#tilang #tilang-manual #etle #polisi

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.