Suzuki Tunggu Investor Untuk Bikin Mobil Listrik di Indonesia

Suzuki Tunggu Investor Untuk Bikin Mobil Listrik di Indonesia

Di antara brand Jepang yang hadir di Indonesia, mungkin sisa Suzuki dan Mazda yang belum memberikan signal kehadiran mobil listrik mereka untuk pasar tanah air.

Mengingat brand berlogo S tersebut yang berada di bawah naungan Indomobil Group sudah melakukan investasi besar-besaran sejak puluhan tahun lalu untuk pembuatan mobil, atau motor berbahan bakar di dalam negeri.

Komisaris Suzuki Indonesia, Soebronto Laras mengatakan, masih menunggu kebijakan pemerintah, dan dana segar dari konglomerat yang bersiap membantu dalam pembangunan pabrik kendaraan listrik.

"Di Cikarang 150 ribu, di Tambun 150 ribu (pabrik Suzuki) ini mau diapain. Sekarang mobil listriknya yang dibikin paling cuma berapa ribu unit. Yah mudah-mudahan saja ada pengusaha yang hadir dan mampu membuat itu," ujarnya kepada media nasional.

Salah satu founder Indomobil Group itu mengaku, sudah jatuh bangun menyokong perkembangan pabrik motor, dan mobil Suzuki bermesin bahan bakar selama 50 tahun. Sehingga banyak pertimbangan jika harus beralih ke kendaraan listrik tanpa investasi baru. 

"Kita tinggal tunggu saja maunya pemerintah apa. Kalau paling cepet yah 2-3 tahun, belum lagi soal komponen yang akan terancam (mobil listrik gak butuh banyak komponen). Kalau untuk pabrik mobil listrik antara 5-10 miliar dolar (ratusan triliun rupiah sebagai modal) tergantung yang punya duit siapa?," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com