Suzuki Rayakan Produksi ke 80 juta. Dimulai Sejak 1955

Suzuki Rayakan Produksi ke 80 juta. Dimulai Sejak 1955

OTODRIVER - Suzuki merupakan brand Jepang yang memproduksi mobil, sepeda motor ataupun mesin kapal. Khusus untuk produk mobil, pada Agustus 2023, pabrikan yang berkantor pusat di Shizuoka Jepang ini berhasil mencetak angka kumulatif penjualan mobilnya di seluruh dunia di angka 80 juta unit.

Perusahaan yang memulai bisnisnya dengan membuat mesin pintal benang pada 1909 ini mulai memperkenalkan produk mobil pada Oktober 1955 dengan label Suzulight.

Suzulight sang perintis

Mobil ini menggunakan mesin 2 tak, 2 silinder inline 386 cc yang dibuat berdasarkan lisensi dari Llyod Motor Works dari pabrikan Bogward Gmbh Jerman. Suzulight ditawarkan dengan tiga pilihan model yakni sedan, pikap dan light van.

Dari Suzulight inilah perjalanan Suzuki dalam industri otomotif berlabuh hingga kini.

Pada 1959 Suzuki mulai mengekspor mobilnya dalam skala kecil ke luar negeri.

Sedangkan untuk melakukan ekspansi produksi mobil terjadi pada 1974 dengan mendirikan anak perusahaan di Indonesia dengan nama P.T. Suzuki Indonesia Manufacturing.

Langkah besar lainnya terjadi pada 1975, di mana Suzuki mulai memproduksi mobil di luar Jepang untuk pertama kalinya, tepatnya di Pakistan.

Tonggak penting lainnya adalah didirikannya kerjasama Suzuki dan Pemerintah India pada 1983 dengan menghadirkan Maruti-Suzuki.

Saat ini Suzuki memiliki 15 fasilitas perakitan produksi mobil di 10 negara termasuk Indonesia dan menjual mobil lebih di 184 negara di dunia.

Dilansir dari motor1, dari 80 juta produksi Suzuki tersebut 36 persen dijual di Jepang, 10 persen di Eropa, 13,5 persen di Asia, 32,6 persen di India dan 7,8 persen sisanya tersebar di beberapa kawasan lainnya. (SS) 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com