Soal Biodiesel, Jepang Belajar dari Indonesia

Soal Biodiesel, Jepang Belajar dari Indonesia

Pada 1 Februari 2023 ini, Pemerintah mengumumkan implementasi penggunaan Biodiesel 35 persen atau B35. Artinya kandungan biodiesel di minyak Solar meningkat 5 persen dari sebelumnya hanya 30 persen (B30).

Indonesia sendiri menjadi satu-satunya negara yang berhasil membuat biodiesel dengan kandungan 35 persen, sementara di negara lain rata-rata baru bisa mencapai 6 sampai dengan 7 persen untuk pemanfaatan bahan bakar tersebut.

"Akhir-akhir ini  kami banyak mendapat kunjungan dari berbagai asosiasi otomotif dari luar negeri. Baru-baru ini asosiasi Jepang, mereka datang untuk mempelajari hal ini dari Indonesia. Jadi untuk hal ini, Jepang yang belajar dari Indonesia" papar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi di Jakarta, Kamis (2/3).

Nangoi juga memberitahu, saat ini Jepang menginstruksikan para produsen lokalnya untuk menghasilkan kendaraan-kendaraan yang benar-benar ramah lingkungan, terutama bagi kendaraan konvensional mereka.

Di Indonesia sendiri, selama kurun waktu tujuh tahun terakhir, tingkat pencampuran biodiesel terus ditingkatkan dari 15 persen (B15) pada tahun 2015, 20 persen (B20) pada tahun 2016, dan 30 persen (B30) pada tahun 2020 dan 35 persen (B35) pada tahun 2023.

Sementara itu, Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana sendiri menyampaikan bahwa penerapan program Biodiesel B35 ini dipastikan telah memperhatikan seluruh aspek, seperti daya kendaraan, mesin, material, pelumas, dan ruang bakar, termasuk emisi, dan hasilnya produk campuran B35 ini direkomendasikan untuk dapat digunakan.

"Kesiapan program B35 hingga siap diluncurkan, merupakan keterlibatan dari berbagai pihak dengan melakukan kajian secara terbuka, transparan dan objektif. Bahkan, Indonesia meningkatkan campuran FAME (Fatty Acid Methyl Ester) pada solar ini tanpa contoh karena penerapan biodiesel di negara lain sampai saat ini hanya sekitar 10%," kata Dadan dikutip dari esdm.go.id.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com