Selama Musim Libur Nataru Ada 624 SPKLU Seluruh Indonesia

Selama Musim Libur Nataru Ada 624 SPKLU Seluruh Indonesia

OTODRIVER - PT PLN (Persero) menyediakan 624 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang tersebar di 411 titik strategis selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sebagaimana dilansir dari Antara,  Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

PLN pun siap memberikan kemudahan dan rasa aman kepada pengguna kendaraan listrik yang akan menghabiskan masa libur Natal dan tahun baru. "Para pemudik atau masyarakat yang ingin liburan dengan kendaraan listrik kini tak perlu khawatir kehabisan baterai. Tersedia ratusan SPKLU dan petugas siaga yang siap memberikan layanan terbaik," ujar Darmawan dalam keterangannya di Jakarta (19/12).

Darmawan menyebut PLN telah menyiapkan 64 unit stasiun pengisian energi untuk electric vehicle (EV) charger pada 38 titik SPKLU di sepanjang ruas Tol Trans-Sumatera dan Trans-Jawa.

Selain itu, 26 unit EV charger di 21 lokasi SPKLU untuk Banten, 113 EV charger di 43 lokasi SPKLU di wilayah Jakarta, 50 EV charger di 34 lokasi SPKLU di Jawa Tengah dan Yogyakarta, 62 unit EV charger di 34 lokasi SPKLU Jawa Timur serta 63 EV charger di 29 lokasi SPKLU di Bali.

Berikutnya, penguatan layanan pendukung juga disiapkan di wilayah seperti Sumatera dengan 62 unit EV charger di 51 lokasi SPKLU, Kalimantan dengan 37 unit EV charger di lokasi SPKLU serta Sulawesi dengan 27 unit EV charger di 18 lokasi SPKLU.

Sementara, untuk wilayah Nusa Tenggara, disediakan sebanyak 25 EV charger yang tersebar di 16 lokasi SPKLU dan 9 unit EV charger di 8 lokasi SPKLU di wilayah Maluku dan Papua.

"PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan khususnya mendukung akselerasi ekosistem EV. Selain dukungan infrastruktur charging station, berbagai fitur di PLN Mobile juga menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan pengguna EV," kata Darmawan.

Nah sekarang bagaimana cara mencari tahu SPKLU terdekat lewat layanan PLN Mobile?

Pertama unduh aplikasi “PLN Mobile” di PlayStore atau AppStore. Kemudian aplikasi dan lakukan daftar/masuk akun, dan pastikan GPS aktif. Sesudahnya pilih menu 'Electric Vehicle' pada pojok kanan atas.

Selanjutnya pilih menu 'SPKLU' untuk menemukan lokasi SPKLU terdekat, aplikasi PLN Mobile akan menampilkan informasi lokasi SPKLU terdekat lokasi Anda.

Cara lain bisa lewat Google Maps. Pada google Maps terdapat layanan yang menyediakan informasi lokasi SPKLU beserta rute dan cara menuju lokasi tersebut. Bisa dimulai dengan;   Buka situs atau aplikasi Google Maps, pastikan GPS Anda aktif. Lalu pilih menu  lainnya, lalu pilih kategori 'Layanan'.

Klik pilihan 'Pengisian daya kendaraan listrik', Google Maps akan menampilkan titik lokasi SPKLU terdekat dari lokasi Anda.

Untuk mengetahui SPKLU tersebut, Anda bisa atur filter jarak dan waktu buka/beroperasi di bagian atas peta, Google Maps akan memberi petunjuk arah ke lokasi SPKLU terdekat yang masih beroperasi.

Dan khusus lokasi SPKLU yang ada di reat area pada ruas tol Trans Jawa, inilah daftarnya:

- Rest Area KM 13A Jalan Tol Jakarta-Tangerang

- Rest Area KM 10A Jalan Tol Jagorawi

- Rest Area KM 21B Jalan Tol Jagorawi

- Rest Area KM 6B Jalan Tol Jakarta-Cikampek

- Rest Area KM 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek

- Rest Area KM 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek

- Rest Area KM 88A Jalan Tol Cipularang

- Rest Area KM 88B Jalan Tol Cipularang

- Rest Area KM 207A Jalan Tol Palimanan-Kanci

- Rest Area KM 208B Jalan Tol Palimanan-Kanci

- Rest Area KM 379A Jalan Tol Batang-Semarang

- Rest Area KM 389B Jalan Tol Batang-Semarang

- Rest Area KM 456B Jalan Tol Semarang-Solo

- Rest Area KM 519A Jalan Tol Solo-Ngawi

- Rest Area KM 519B Jalan Tol Solo-Ngawi

(EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com