Rangga Concept Polosan, Jadi Bintang Utama Toyota di GIIAS Bandung

Rangga Concept Polosan, Jadi Bintang Utama Toyota di GIIAS Bandung

OTODRIVER - Dalam perhelatan GIIAS yang berlangsung di Bandung pada 22-26 November 2023, Toyota membawa kejutan dengan memajang Rangga concept di bagian depan booth mereka.

Hadirnya mobil pikap konsep ini begitu ditunggu-tunggu. Pasalnya, Rangga Concept dibawa setelah sempat dipamerkan di Japan Mobility Show (JMS) 2023. Kehadiran mobil ini di GIIAS Bandung 2023 seakan menegaskan sinyal PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan kendaraan ini sebentar lagi. 

Apalagi, Toyota Rangga ini beda dengan yang dibawa ke GIIAS BSD. Toyota Rangga Concept yang dibawa ke GIIAS Bandung sudah berbentuk nyaris siap produksi massal. Karenanya, mobil tak hadir lagi dalam bentuk seperti kafe, ataupun ambulans, melainkan versi murahnya yang lebih sederhana.

Bagian belakang Rangga concept

"Kalau udah jadi, kurang lebih nanti bentuknya kaya gitu," ucap salah seorang tenaga penjual di GIIAS Bandung.

Rangga Concept yang hadir di GIIAS 2023 ini mirip pikap untuk kebutuhan niaga. Mobil menggunakan warna abu- abu, selaras dengan bumper warna hitam yang memberikan kesan lebih sederhana. 

Selain itu, velg dari Toyota Rangga ini menggunakan model kaleng dengan dop warna hitam. Velg dibalut ban ukuran r14. Detail lain yang terlihat di mobil ini ialah penggunaan lampu model halogen, lampu sein depan juga tak menggunakan model LED, tidak ada foglamp, dan grill juga tampak polos. Indikasi jika mobil ini nampaknya jadi varian paling rendah di Toyota Rangga Concept

Bagian belakangnya juga sederhana. Lampu mobil dibuat tiga warna dengan desain lawas, di bagian pintu bak ada tulisan 'Toyota', dan model pengunci pintu masih menggunakan bentuk kait (hook).

Belum diketahui bagian dalam dari mobil ini. Pasalnya kaca menggunakan kaca film hitam gelap dan pintu mobil dikunci. Tapi, di bagian tangki ada stiker diesel, memberikan indikasi jika Toyota Rangga akan diluncurkan dalam versi mesin diesel.

Sebagai catatan, Toyota Rangga Concept ini menggunakan platform bernama Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV) yang sesuai dengan namanya, membuat mobil ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

Di bagian dapur pacunya, Toyota Rangga diprediksi akan menggunakan dua jenis mesin. Pertama adalah mesin 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc yang memiliki tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.

Tampilan samping Rangga concept

Kedua adalah dapur pacu yang sama seperti Innova lama yakni 2GD-FTV 4-silinder 16 valve DOHC with VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 149 PS di 3.400 RPM dan torsi mencapai 359 Nm di 1.200-2.600 RPM. 

Terkait peluncuran, sebelumnya, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, saat ini Toyota Indonesia tengah tahap persiapan untuk meluncurkan Rangga Concept. 

"Saat ini kita dalam tahap prepare untuk Rangga. Karena banyak yang perlu dipertimbangkan, seperti tanggal, harga, persiapan Diler, homologasi apa sudah siap dan lainnya. Jadi kita akan segera umumkan untuk peluncurannya," ucap Anton Jimmy Suwandy kepada Otodriver beberapa waktu lalu. (AB).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com