Harga Mobil Bekas di Lelang Bisa Lebih Murah dari Pasaran

Harga Mobil Bekas di Lelang Bisa Lebih Murah dari Pasaran

OTORIDER - Balai lelang sudah menjadi salah satu pilihan masyarakat ketika ingin mencari mobil bekas dengan harga terjangkau. Pasalnya selisih harga mobil bekas yang dijual di balai lelang dengan di showroom mencapai jutaan rupiah hingga puluhan juta, tergantung jenis kendaraan dan proses lelang itu sendiri. 

"Harus diketahui, harga paling tinggi tawaran peserta lelang itu lebih murah dari pedagang juga di pasaran. Harga itu juga sudah di bawah bursa mobil bekas," kata Sales & Operational General Manager PT JBA Indonesia, Johan Wijaya di Kota Tanggerang, Selasa (28/11).

Pemain di pasar lelang mobil bekas sendri mayoritas berasal dari kalangan pedagang mobil bekas yang akan dijual kembali. "97 persen pedagang, tiga persennya end user. End user ada juga yang bawa. Biasanya end user yang beli unit sudah siap, tidak mau ada perbaikan lagi," papar Johan.

Salah satu mobil yang dilelang adalah Honda WR-V RS tahun 2023 A/T kilometer baru 3.055 unit. Kondisi interior, eksterior, dan mesin grade B. Harga awalnya ditetapkan Rp 231 juta. Penawaran harga akhir lelang mencapai Rp 242 juta.

Dari data yang Otodriver dapat dari beberapa salah satu situs jual beli mobil bekas, harga Honda WR-V bekas 2023 dijual Rp260 jutaan.

Faktor lain yang membuat harga lebih murah karena kondisi yang dijual di lelang dalam kondisi apa adanya, tidak ada perbaikan atau restorasi ketika dijual atau dilelang. "Berbeda dengan mobil bekas yang dijual di dealer atau platform yang melakukan restorasi ataupun perbaikan, kita disini hanya memberikan grade penilaian dari A hingga F," ujar Johan.

Namun, Otodriver menangkap kekurangan dari lelang ini, di mana calon pembeli tidak memiliki kesempatan test drive. "Tapi pembeli diperbolehkan membawa inspektor atau mekanik untuk mengecek unit secara kasat mata dan suara mesin," jelas Johan. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com