Gaikindo Genjot Penjualan Mobil di Tengah Isu Pembatasan Kendaraan BBM

Gaikindo Genjot Penjualan Mobil di Tengah Isu Pembatasan Kendaraan BBM

Jakarta, OTODRIVER - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berencana akan mempersulit pembelian mobil jenis internal combustion engine atau Berbahan Bakar Minyak (BBM) demi kualitas udara yang semakin baik.

"Kita juga secara bertahap akan mulai mempersulit mobil-mobil combustion. Sehingga dengan demikian, air quality Jakarta bisa lebih baik. Sehingga keluarga kita akan mendapat air quality seperti mungkin di negara tetangga kita," ujar Luhut dalam Peluncuran Battery Assets Management Services Indonesia Battery Corporation (IBC), di Kemenko Marves, Jakarta, Senin (12/6).

Namun, rencana tersebut tidak membuat khawatir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dimana tetap optimistis bahwa penjualan kendaraan roda empat di tahun ini diperkirakan dapat melampaui penjualan di tahun sebelumnya.

"Kami masih percaya diri, mudah-mudahan target kita terpenuhi untuk tahun ini," kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara, Jumat (30/6) dikutip dari Antara.

Dari data Gaikindo hingga pertengahan tahun 2023, sekitar 400 ribuan kendaraan yang sudah terjual. Dengan capaian tersebut, sangat optimistis pada tahun ini industri otomotif akan kembali bergairah dan bisa menyentuh target yang diinginkan yakni satu juta unit.

"Paling tidak di bulan Mei saja sudah terakumulasi sebanyak 400 ribuan lebih, ini sebuah hal yang cukup baik ya. Mudah-mudahan tren positif ini bisa terus berlanjut untuk bisa menembus target kita atau paling tidak lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan 2022 lalu," papar Kukuh.

Mengenai pembatasan pemebelian mobil BBM, dari data Gaikindo mobil listrik sendiri tidak masuk dalam 10 besar kendaraan terlaris yang dapat mengurangi polusi udara sesuai rencana Luhut. Di mana, Daihatsu Sigra menyabet gelar mobil terlaris di Indonesia pada Mei 2023. Capaian ini menggeser tiga nama lainnya yang kerap menempati posisi atas seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, hingga Honda Brio.

Berikut daftar lengkap 10 mobil dengan penjualan terlaris Mei 2023:

  1. Daihatsu Sigra: 5.347 unit
  2. Toyota Avanza: 5.277 unit
  3. Toyota Kijang Innova: 4.782 unit
  4. Daihatsu Gran Max Pick-Up: 4.455 unit
  5. Toyota Calya: 3.944 unit
  6. Honda Brio (termasuk Brio Satya dan RS): 3.863 unit
  7. Suzuki Carry: 3.408 unit
  8. Toyota Rush: 2.796 unit
  9. Toyota Agya (termasuk Agya GR Sport): 2.782 unit
  10. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.776 unit. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com