Ferrari Roma Spider Resmi Meluncur di Korea Selatan

Akan dijajakan di Indonesia pada Q3 Semester 2 2023
Penulis: Soni Riharto
Kamis, 1 Juni 2023 16:35 WIB
Berita - Ferrari Roma Spider Resmi Meluncur di Korea Selatan
Bagikan ke:

Pada 1 Juni 2023, Ferrari secara resmi meluncurkan Roma Spider di Korea Selatan. Atas undangan PT Eurokars Prima Utama, selaku APM Ferrari di Indonesia, Otodriver menyaksikan langsung peluncuran versi atap lunak ini di Dongdaemun Design Plaza, Seoul. Acara dihadiri juga oleh CEO Ferrari, Benedetto Vigna. Negeri Ginseng ini dipilih karena merupakan pasar Ferrari terbesar di Asia. 

Munculnya Roma Spider juga menjadi penanda hadirnya konfigurasi soft top yang sempat hilang pada 2010, tepatnya saat kiprah Ferrari F430 Spider berakhir.

"Jadi bagaikan model nostalgia, di mana ini adalah model soft top bermesin depan pertama setelah Ferrari 365 GTS4 pada 1969," jelas Vigna. 

Jika dibandingkan versi coupenya, convertible anyar ini  punya bobot 1.570 kg, alias lebih berat 84 kg. Beban ekstra berasal dari mekanisme lipatan atap, defletor angin dan sandaran kepala yang terintregasi untuk bangku belakang.

Sedangkan atap kainnya, mobil rakitan Maranelo, Italia ini dijejali lima layer. Diklaim mampu mereduksi suara dari luar dan juga memberikan bobot lebih ringan. Untuk membukanya, cukup 13,5 detik dan bisa dioperasikan  saat mobil berjalan hingga maksimal kurang lebih 60 km/jam.

Sumber tenaga berasal dari mesin V8 twin-turbocharged 3.9 liter dengan muntahan daya 612 hp. Disalurkan ke roda belakang menggunakan girboks dual-clutch 8 percepatan. Ini sama dengan yang digunakan SF90 Stradale.

Selain itu Ferrari Roma Spider mempercayakan Variable Boost Management yang tak lain merupakan software yang dikembangkan pabrik mobil berlogo kuda jingkrak ini. Perangkat ini mampu menyesuaikan pengiriman torsi agar sesuai dengan gigi yang dipilih, menghasilkan daya yang presisi di setiap putaran mesin, sekaligus mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Untuk mempertahankan koefisien drag rendah, Roma Spider dikawinkan dengan downforce yang efisien, garis atap dan kelengkungannya di bagian atas. Lalu dengan hadirnya tiga posisi spoiler berbeda, diklaim memiliki downforce dalam situasi handling dan kecepatan tinggi yang sebanding dengan Ferrari Roma.

Penasaran mau melihat aslinya? Tenang, tak lama lagi akan Anda lihat di Indonesia. "Kemungkinan besar pada Q3 semester 2 tahun ini, " ungkap Nini Chiandra, general manager, PT Eurokars Prima Utama. 

Foto - Ferrari Roma Spider Resmi Meluncur di Korea Selatan

Foto - Ferrari Roma Spider Resmi Meluncur di Korea Selatan

Foto - Ferrari Roma Spider Resmi Meluncur di Korea Selatan

Foto - Ferrari Roma Spider Resmi Meluncur di Korea Selatan

Foto - Ferrari Roma Spider Resmi Meluncur di Korea Selatan

#ferrari-roma #roma-spider #launch

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.