Buat Pemudik, Catat Ini Puncak Arus Balik Libur Natal dan Tahun baru

Buat Pemudik, Catat Ini Puncak Arus Balik Libur Natal dan Tahun baru

OTODRIVER - Kemacetan saat puncak arus balik mudik Natal dan Tahun Baru diprediksi terjadi pada tanggal 1 & 2 Januari 2024. Pemerintah bersama lembaga dan instansi terkait akan kembali melakukan rekayasa lalu lintas yang akan kembali diterapkan seperti saat arus mudik.

Sebanyak 50.000 unit kendaraan dari arah Jawa Timur menuju Jakarta diprediksi akan melintas di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, pada puncak arus balik libur Natal 2023.

"Berkaitan dengan puncak mudik besar kemungkinan terjadi setelah dan sebelum tahun baru. Kalau sebelum tahun baru tidak banyak, karena banyak yang sudah mudik. Tapi di tanggal 1-2 Januari 2024 terjadi puncak arus balik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keternaganya, Senin (25/12).

Kemenhub bersama kementerian/lembaga terkait bakal mempersiapkan puncak arus balik, seperti contraflow apabila terjadi kemacetan.

"Oleh karenanya di semua sektor yakni udara, laut, darat dan kereta api konsentrasi pada titik itu, bagaimana penjualan dilakukan lebih awal supaya yang akan balik dilayani relatif lebih baik," kata dia.

Sementara itu, sebanyak 50.000 unit kendaraan dari arah Jawa Timur menuju Jakarta diprediksi akan melintas di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, pada puncak arus balik libur Natal 2023.

"Diperkirakan hari ini merupakan arus balik tahap pertama libur Natal, diprediksi ada 50.000 kendaraan pemudik dari arah timur Jawa menuju Jakarta," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan dikutip dari Antara, Selasa (26/12).

Dirinya juga menambahkanm, apabila jumlah kendaraan mengalami peningkatan, sejumlah upaya akan dilakukan mulai dari pemberlakuan contraflow hingga one way ataupun rekayasa sepenggal yang akan dimulai dari rest area Jalan Tol Cipali sampai Japek. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com