BBM dari Sampah Plastik Bisa Dipakai Toyota Fortuner, Bisa Dijual?

BBM dari Sampah Plastik Bisa Dipakai Toyota Fortuner, Bisa Dijual?

OTODRIVER - Konsep daur ulang sebuah barang tidak layak pakai menjadi barang berguna mampu diterapkan Budi Trisno Aji dalam pengembangan teknologi Faspol 5.0.

Inovasi ini berupa mesin pengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

"Hasil inovasi ini siap untuk dikomersialisasikan karena telah melewati beberapa uji dan kajian. Hasil uji kualitas setara dengan bio solar dan Pertamina Dex. Hasil BBM sudah diujicobakan ke kendaraan," ujar Budi inovator Faspol 5.0 dikutip dari Antara, Rabu (27/9).

Ia juga sudah mencoba hasil temuan ini pada mesin pertanian dan Toyota Fortuner lansiran 2008. "Kemarin sudah dilakukan pengujian oleh BRIN dan bisa digunakan baik pada mesin pertanian maupun mesin kendaraan bermotor seperti mobil kemarin yang diuji Fortuner tahun 2008 dan dinyatakan laik untuk digunakan pada kendaraan," papar Budi.

Menurutnya, sebanyak 50 kilogram sampah plastik dapat diolah menjadi BBM setara solar sebanyak 30 liter, bensin 10 liter, minyak tanah sebanyak 5 liter, air 2 liter, dan residu karbon aktif sebanyak 3 kg.

Untuk produk olahan teknologi Faspol 5.0 dinamai Petasol dan sudah merilis logo bersama BRIN, produk tersebut saat ini masih dalam proses pendaftaran regulasi dan mengurus izin untuk dapat dijual secara umum.

"Saat ini perizinan sedang diupayakan. Nanti akan ada izin edar dan sebagainya. Proses dengan BRIN sudah sampai level nasional dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada informasi terkait proses perizinan tersebut," ujar Budi. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com