Apa Itu Steering By Wire?

Apa Itu Steering By Wire?

Innovasi dan perkembangan otomotif dunia selalu mengalami perkembangan. Salah satunya adalah sistem kemudi, di mana pada sistem terbaru ini diperkenalkan sistem Steering by Wire.

Dari unggahan youtube Hyundai-Mobis dibeberkan bahwa sistem baru ini tak lagi menggunakan steering linkage yang menghubungkan lingkar kemudi dengan kotak stering (steering box) atau rack end.

Sistem pada Steering by Wire (StBW) ini murni menggunakan motor listrik untuk memutar roda yang tentunya ditambahkan sensor untuk menentukan seberapa banyak lingkar kemudi diputar ke arah yang dituju.

Putaran yang dilakukan pada model StBW ini tidak sebanyak yang terjadi pada model stering mekanis. Rasio putarannya pun bisa diseting sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian maka mobil yang menggunakan lingkar kemudi bundar pun bisa diganti dengan model yoke. Hal ini dapat ditemui pada Lexus RZ yang ditawarkan sebagai optional model yang dijajakan di Eropa.

Sedangkan Lexus RZ yang baru saja diluncurkan di Indonesia tidak menggunakan teknologi ini.

Beberapa keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan teknologi StBW.

1. Lantaran tidak terhubung secara mekanis antara lingkar kemudi dan unit steering, maka tidak akan ada vibrasi yang terjadi karena permukaan jalanan yang dirasakan pada lingkar kemudi. Hal ini menyuguhkan rasa berkendara yang tenang dan lembut. Hal ini cocok untuk mobil autonomous.

2. Memiliki beberapa variable pilihan rasio putaran kemudi sesuai dengan keinginan kebutuhan.

3. Mudah bagi pabrikan untuk mengaplikasikan pada mobil dengan posisi kemudi di kanan ataupun kiri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com