Alasan Daihatsu Ayla Pilih Mesin 3 Silinder Ketimbang 4 Silinder

Banyak ubahan yang dilakukan Daihatsu untuk Ayla terbaru. Namun pemilihan mesin 3 silinder ketimbang mesin 4 silinder menjadi sorotan.
Penulis: Ahmad Biondi
Jumat, 12 Mei 2023 09:00 WIB
Berita - Alasan Daihatsu Ayla Pilih Mesin 3 Silinder Ketimbang 4 Silinder
Bagikan ke:

Daihatsu Ayla terbaru memang sudah mendapatkan banyak peningkatan, dari mulai eksterior, interior dan tambahan fitur.

Namun demikian, ada beberapa kalangan yang menyayangkan mesin 4 silinder kini diganti dengan mesin 3 silinder. Daihatsu kini mempercayakan mesin 1.200 cc bertipe WA-VE, inline 3 silinder dengan DOHC dan Dual VVT-i. Yang punya tenaga 88 HP pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm.

"Alasan kami menggunakan mesin 3 silinder salah satunya pasti soal performa. Dimana mesin punya torsi yang baik," ucap Anjar Rosjadi, R&D Product Planning Division Head PT ADM.

Ayla generasi sebelumnya menggunakan mesin 4 silinder dengan kapasitas mesin yang sama dengan sekarang.

Foto - Alasan Daihatsu Ayla Pilih Mesin 3 Silinder Ketimbang 4 Silinder

"Dengan penggunaan mesin 3 silinder saat ini, bobot mesin jadi lebih berkurang dibanding 4 silinder. Ini pastinya akan berimbas ke performa serta efisiensi bahan bakar," ucap Anjar.

Inilah salah satu keunggulan mobil berdimensi mungil ini, sehingga tetap mumpuni diajak bermanuver di perkotaan dan tetap tangguh untuk melaju di jalan yang menanjak.

Meski raungan mesin terasa lebih berisik, namun kabarnya secara peforma tergolong lebih baik.

#daihatsu #ayla

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.