7 Tanda Filter Bensin Mobil Rusak dan Harus Diganti

Penulis: Ahmad Biondi
Minggu, 15 Januari 2023 14:20 WIB
Berita - 7 Tanda Filter Bensin Mobil Rusak dan Harus Diganti
Bagikan ke:
Ketika menggunakan mobil untuk kegiatan harian, tentu tidak punya banyak waktu untuk merawat mobil tersebut. Kemungkinan filter bensin juga kotor karena sering mencampur BBM. Ketahui tanda kerusakan

Ketika Anda menggunakan mobil untuk kegiatan harian, tentu tidak punya banyak waktu untuk merawat mobil tersebut. Jangankan eksterior, berbicara mesin tentu luput dari ingatan.

Nah mungkin Anda juga sering mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau bahkan sering mencampur merek-merek berbeda dengan oktan yang berbeda juga.

Lantas, hal tersebut membuat kotoran masuk ke ruang bakar dan jika demikian, sudah dapat dipastikan akan mengganggu performa, bahkan merusak komponen mesin. Berikut tanda-tanda filter bensin wajib diganti menurut Auto2000.

Foto - 7 Tanda Filter Bensin Mobil Rusak dan Harus Diganti

1. Laju Mobil Tersendat-sendat

Anda mungkin pernah mengalami laju mobil tersendat-sendat seperti mesin mau mati. Biasanya, penyebab utama masalah ini adalah filter bensin kotor atau tersumbat. Kalau filter bensin tersumbat, maka sistem pembakaran menjadi tidak lancar dan mesin bermasalah.

2. Putaran Mesin Tidak Normal saat Idle

Tanda lainnya yang bisa Anda rasakan adalah putaran mesin tidak normal dalam kondisi stasioner atau idle. Biasanya naik dan turun meskipun pedal gas tidak diinjak. Dan ketika putaran mesin dinaikkan, tetap tersendat seperti tidak ada tenaga.

3.  Mesin Sulit Dinyalakan

Jika penyaring atau filter bahan bakar tersumbat atau kotor, aliran bahan bakar menjadi terbatas dan tidak konsisten. Akibatnya, mesin mobil menjadi susah untuk dinyalakan bahkan sama sekali tidak bisa jika sudah mampat total.

4. Mesin Mati Mendadak

Penyaring bensin yang tersumbat bisa membuat mesin mobil mati mendadak karena suplai bahan bakar berhenti total. Saat mesin membutuhkan tenaga ekstra seperti ketika membawa muatan penuh atau menanjak, distribusi bahan bakar tidak cukup, bahkan berhenti sehingga mesin mati

5. Lampu Indikator Check Engine Menyala

Filter bensin yang kotor akan membuat lampu indikator check engine di panel instrumen menyala. Jangan tunda untuk segera mengganti filter bensin sebelum masalah merembet ke komponen mobil lainnya.

6. Performa Mobil Turun

Anda pasti sudah paham karakter tenaga dari mobil yang biasa dipakai setiap hari. Begitu tenaganya berkurang, pasti langsung bisa merasakannya. Filter bahan bakar yang rusak merupakan salah satu penyebab tenaga mesin turun.

7. Komponen Mesin Rusak

Sumbatan kotoran pada injektor akan membuat distribusi bensin ke ruang bakar bermasalah sehingga mesin tidak dapat bekerja optimal. Jika dibiarkan, sumbatan akan merusak injektor yang biaya perbaikannya tidak murah. Kotoran juga akan masuk ke dalam ruang bakar yang menimbulkan deposit kerak akibat pembakaran tidak sempurna. Termasuk risiko lolosnya air sehingga performa mesin turun dan memicu karat, bahkan bisa berisiko turun mesin untuk perbaikan.

#filter-bensin-rusak #tips-merawat-mobil

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.