Toyota Kembangkan Hilux Bertenaga Hidrogen

Hilux hidrogen ini dilengkapi dengan tiga tangki penyimpanan dari komposit plastik serat karbon yang dapat menampung hingga 141 liter hidrogen.
Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Senin, 5 Desember 2022 14:00 WIB
Berita - Toyota Kembangkan Hilux Bertenaga Hidrogen
Bagikan ke:

Bahan bakar hidrogen merupakan bahan bakar tanpa emisi yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan selain listrik. Eropa sendiri mulai melarang mesin pembakaran internal (ICE) pada 2035 mendorong peningkatan kebutuhan kendaraan ramah lingkungan.

Dikuti pdari autocar pada, Senin (5/12), Toyota memimpin sebuah konsorsium untuk mengembangkan prototipe bertenaga sel bahan bakar hidrogen dari pick-up Hilux yang terkenal di pabrik kendaraan Inggris di Burnaston, Derbyshire.

Foto - Toyota Kembangkan Hilux Bertenaga Hidrogen

Hilux hidrogen ini direncanakan untuk diproduksi dalam skala kecil. Toyota UK sendiri belum memberitahukan bagaimana harga serta kapan Hilux hidrogen ini akan dirilis.

Proyek ini akan menggunakan komponen dari sistem sel bahan bakar generasi kedua Toyota, seperti yang ditampilkan pada sedan Toyota Mirai terbaru, untuk mengubah Hilux menjadi kendaraan listrik.

Hilux hidrogen ini dilengkapi dengan tiga tangki penyimpanan dari komposit plastik serat karbon yang dapat menampung hingga 141 liter hidrogen. Tumpukan sel bahan bakar elektrolit polimer padat 330 sel di bawah kap kemudian menggabungkan hidrogen dengan oksigen untuk menghasilkan listrik.

Foto - Toyota Kembangkan Hilux Bertenaga Hidrogen

Listrik yang tidak digunakan oleh motor listrik 134 kW dan 300 Nm yang dipasang di belakang pickup ini disimpan dalam baterai lithium-ion kecil berkekuatan 1,2 kW.

Prototipe awal akan dibangun di pabrik Toyota, di Burnaston pada 2023, dengan pengujian yang akan segera menyusul dan diikuti produksi skala kecil. Ini akan menjadi mobil pertama Toyota berbasis hidrogen dan akan dibuat di Inggris. 

“Inggris adalah salah satu pasar utama truk pick-up dan merupakan pasar penting bagi Toyota. Pendanaan ini merupakan peluang luar biasa untuk mengembangkan solusi nol emisi di segmen pasar yang kritis,” kata President & CEO of Toyota Motor Europe Matt Harrison seperti dikutip dari siaran pers Toyota Europe.

#toyota #hilux #hidrogen

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.