Ternyata Bahan Sasis Pada Mobil Berbeda

Ternyata Bahan Sasis Pada Mobil Berbeda

Pada bagian mobil, sasis memiliki peran yang sangat penting. Jika tidak ada sasis, mobil tidak bisa menopang semua berat yang ada di dalamnya. Namun perlu diketahui, walaupun terihat sama layaknya besi, ternyata bahan setiap bagian berbeda.

Bahan-bahan sasis tersebut terdiri dari yang paling ringan hingga paling kuat. Tetapi, kenapa tidak dibuat bahan yang paling kuat agar mobil tidak mudah rusak.

"Kenapa tidak semua bahan yang kuat digunakan, hal ini untuk faktor keselamatan. Bagian paling kuat hanya digunakan untuk melindungi yang paling vital yaitu pengemudi dan penumpang di dalamnya, sedangkan bagian yang mudah hancur yang berada diluar, untuk menyerap benturan yang terjadi ketika kecelakaan," ujar teknisi Mercedes-Benz saat Otodriver berkunjung ke PT Suri Motor Indonesia, Rabu (22/12).

Dijelaskan ternyata ada enam bahan berbeda untuk sasis mobil dari paling mudah pecah Alumunium, lalu Mild Steel dengan kekuatan 300 Nm, High Strength Steel 550 Nm, Modern High Strength Steel 1000 Nm, dan paling kuat Ultra High Strength Steel 1500 Nm, dan Ultra High Strength Steel Hot Worked 1500 Nm/mm².

Sasis pada mobil sendiri bermacam-macam ada ladder frame, sasis monokok, sasis backbone, tubular space frame, hingga aluminium space frame.

Ladder Frame

Ladder frame merupakan sasis yang bentuknya seperti tangga. Terlepas dari bentuknya yang unik, sasis ini sangat cocok untuk digunakan sebagai dasar dudukan mesin mobil dan komponen lainnya.  Sasis yang satu ini biasanya digunakan pada mobil SUV.

Sasis Monokok

Sasis monokok merupakan sasis yang menyatu dengan bodi mobil. Bagian yang termasuk dengan sasis adalah bagian terluar bodi mobil yang gunanya untuk melindungi ruang kabin dari benturan.

Sasis Backbone

Sasis backbone merupakan sasis yang bentuknya mirip dengan tulang rangka utama tunggal. Posisinya akan melintang sepanjang bagian tengah mobil sehingga membuat bagian depan dan belakang mobil terhubung. 

Tubular Space Frame

Tubular space frame merupakan sasis yang berbentuk pipa baja supaya bisa langsung membentuk mobil sesuai dengan konstruksi. Kekuatan dari sasis yang satu ini akan tergantung dari kualitas serta mutu sambungan las pada sasis tersebut.

Aluminium Space Frame

Aluminium space frame merupakan sasis yang mirip dengan monokok tetapi menggunakan aluminium. Sedangkan, sasis monokok biasanya menggunakan lembaran plat baja. Sasis ini memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan monokok.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com