Teknologi Cat di Mobil Mercedes-Benz Bikin Bekas Lecet Hilang Sendiri

Teknologi Cat di Mobil Mercedes-Benz Bikin Bekas Lecet Hilang Sendiri

Goresan atau lecet pada mobil ada hal yang sulit untuk dihindari. Baret yang muncul pada mobil biasanya merusak bagian lapisan cat saja. Untuk mengatasinya sendiri diperlukan compound untuk menghilangkan atau menyamarkannya.

Namun khusus untuk Mercedes-Benz ternyata mobil-mobilnya menggunakan cat khusus bernama Sikkens yang dibuat produsen asal Belanda, AkzoNobel dan mempunyai fitur self healing. Jadi, ketika bodi terkena goresan ringan, bekasnya bisa hilang sendiri.

"Semua mobil Mercedes-Benz pakai cat khusus yang sudah dilengkapi self-healing. Jadi kalau kena goresan ringan, bisa hilang sendiri," ujar Strategic Account Manager AkzoNobel Indonesia, Irfan Saresa di diler Mercedes-Benz Jakarta Selatan, Rabu, (21/12).

Otodriver juga sempat melihat bagaimana AkzoNobel mengetes baret di permukaan mobil, lalu dalam hitungan detik baretnya menghilang. Tetapi, teknologi ini juga punya kelemahan jika goresan terlalu dalam hingga mengenai body, maka teknologi self-healing tersebut tak bisa bekerja dengan baik.

Lebih lanjut, warna hitam yang digunakan di mobil Mercedes-Benz sendiri berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya. Meski samar, namun perbedaannya bisa terlihat jelas di tempat-tempat terang.

"Hitam di mobil Mercy itu berbeda dari mobil-mobil lain, ada bahan-bahan khusus yang dicampurkan ke cat yang membuatnya terlihat berbeda. Maka ada efek-efek cahaya atau biru tua yang keluar," papar Irfan. 

Selain itu memiliki efek seperti daun talas, sehingga air hujan tidak mudah membekas di bodi dan cat yang digunakan mobil Mercedes-Benz sebenarnya dijual secara umum.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com