Segini Biaya Cat Ulang Satu Panel Mobil Mercedes-Benz

Berapakah biaya cat mobil Mercedes-Benz yang dikenal sebagai kendaraan kelas atas?.
Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Kamis, 22 Desember 2022 11:00 WIB
Berita - Segini Biaya Cat Ulang Satu Panel Mobil Mercedes-Benz
Bagikan ke:

Pembaruan dan perbaikan cat dari mobil menjadi salah satu kebutuhan bagi pemilik kendaraan. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel, termasuk di mana pengecatan dilakukan.

Namun, berapakah biaya cat mobil Mercedes-Benz yang dikenal sebagai kendaraan kelas atas?. Salah satu dealer resmi reparasi bodi dan cat adalah PT Suri Motor Indonesia, mengungkapkan harga pengecatan di bengkel resmi sangat terjangkau. Suri Maryanti, President Director PT Suri Motor Indonesia mengungkapkan harga pengecatan di bengkel resmi sangat terjangkau.

“Kita tidak bisa memberikan harga pasti. Sesuai dengan kerusakannya. Kira-kira Rp2,5 juta per panel, itu hanya harga kisaran bisa lebih mahal lagi kalau kerusakannya parah,” kata Pesident Director PT Suri Motor Indonesia, Suri Maryanti di Jakarta, Rabu (21/12).

Foto - Segini Biaya Cat Ulang Satu Panel Mobil Mercedes-Benz

Untuk pengerjaannya dilakukan berdasarkan sistem mulai dari body repair, paint repair, aluminum repair, smart repair, clear coating, dry sanding system, dan paduan warna.

Seluruh proses pengecatan menggunakan material cat dari AkzoNobel, Sikkens, yang ditunjuk langsung oleh Daimler AG Jerman sejak cat tersebut pertama kali hadir di Indonesia pada 1995.

"Tidak hanya mobil baru, mobil lama Mercedes-Benz juga bisa kami kerjakan di bengkel ini," ujar Suri.

Foto - Segini Biaya Cat Ulang Satu Panel Mobil Mercedes-Benz

Harga Rp 2,5 juta per panel bisa dibilang cukup mahal. Pasalnya di bengkel umum harga panel hanya Rp 300 - 800 ribu. Dikutip dari otospector.co.id, jika menggunakan cat jenis polyurethane, biaya cat per panel: Standard panel pintu, spakbor/fender bumper, side skirt dan spoiler atau wing berkisar antara Rp 300 hingga Rp 450 ribu, Kap mesin dan bagasi berkisar antara Rp 400 hingga 600 ribu, Atap mobil berkisar Rp 500 hingga 800 ribu.

Foto - Segini Biaya Cat Ulang Satu Panel Mobil Mercedes-Benz

Jika ingin biaya cat yang lebih murah, bisa dipilih bahan Acrylic Lacquer. Kisaran harga untuk pengecatan per panel:

Kap mesin        : Rp 450.000
Kabin            : Rp 650.000
Kap bagasi        : Rp 350.000
Pintu per panel    : Rp 350.000
Fender per panel     : Rp 350.000
Bemper depan    : Rp 350.000
Bemper belakang     : Rp 350.000

Namun perlu menjadi catatan, di bengkel resmi para pekerja yang menangani proses perbaikan cat mobil sudah bersertifikasi di bidang body & paint selama bertahun-tahun. Bahkan, tingkat ketebalan cat juga sudah disesuaikan oleh Mercedes-Benz yang berpusat langsung di Jerman.

Foto - Segini Biaya Cat Ulang Satu Panel Mobil Mercedes-Benz

#cat #cat-mobil #mercedes-benz #bengkel-resmi

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.