Tarung di Zona Rp 400 jutaan, Fitur Wuling Almaz RS Ungguli Toyota Zenix G Bensin

Tarung di Zona Rp 400 jutaan, Fitur Wuling Almaz RS Ungguli Toyota Zenix G Bensin

Fitur kenyamanan dan keselamatan sepertinya sudah jadi menu tetap dari sebuah mobil baru. Melalui ‘pintu’ inilah mobil-mobil anyar berupaya untuk menarik peminatnya.

Berbincang mengenai fitur, kita tidak bisa menutup mata dengan kehadiran brand Wuling yang cukup royal memberikan berbagai fitur yang bahkan tidak bisa dinikmati pada brand Jepang.

Salah satu contoh adalah sosok Wuling Almaz RS yang menawarkan berbagai fitur yang tidak ditawarkan oleh rival-rivalnya yang berada di zona harga psikologis 400 jutaan.

Mobil ini masih pantas head to head dengan Toyota Kijang Innova Zenix bensin. Bahkan banderol varian terendah Zenix yakni Tipe G bensin di angka Rp419 juta sedangkan top level mesin bensin Almaz yang diduduki oleh RS 1.5 Pro saat ini di angka Rp399 jutaan. Namun perlu diingat bahwa harga yang diberlakukan pada Almaz RS 1.5 Pro merupakan harga promo yang berlaku hingga akhir 2022 ini. Dan harga kembali ke angka normal yakni di Rp434,2 juta alias Rp35 juta lebih tinggi.  Atau selisih Rp15 jutaan dengan Zenix Tipe G bensin.

Berkaca pada sosok Zenix yang merupakan MPV yang diklain punya citrarasa crossover dengan 7 seater, maka sosok Almaz RS 1.5 Pro yang juga dilengkapi dengan bangku baris ketiga (7 seater) paling pas sebagai rival sejatinya.

Dari sisi dimensi Zenix, punya 4.577 mm x 1.850 mm x 1.795mm dan wheelbase 2.850 mm. Sedangkan untuk Almaz 4.655 mm x 1.835mm x 1.760 mm dengan wheelbase 2.750 mm.

Dari sisi mesin Zenix dibekali dengan mesin bensin 2.0 liter yang mampu menyulut daya 174hp/6.600 rpm dan torsi 205Nm/4.500-4.900 rpm. Sedangkan Almaz RS Pro mengandalkan mesin turbo 1.5 liter dengan torehan daya 140 hp/5.200 rpm dan pilinan torsi 250 Nm/1.600-3.600 rpm. Kedua mobil ini menyalurkan kinerja mesinnya melalui transmisi CVT ke roda depan.

Dari sisi betotan performa Kijang Innova Zenix boleh bertepuk dada, namun jika mulai berbincang mengenai fitur, maka akan berbeda kisahnya.

Wuling memberikan berbagai fitur di level harga 400 jutaan yang tidak didapatkan pada sosok Zenix. Sebut saja seperti ADAS (Advance Driver Assiatance System) yang mencakup atas Adaptive Cruiser Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intellgent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelegent Cruiser Assistance (ICA)

Namun sayang, fitur ini tidak disertakan pada Zenix tipe G ataupun tipe V. Dan fitur ADAS Toyota Sensing System baru muncul di tipe Q yang jadi penghuni kasta tertinggi.

Selain itu dari tampilan Almaz kembali unggul dengan kehadiran sunroof dan atap panoramik.

Selain itu Almaz RS Pro juga telah dijejali fitur menarik seperti Internet on Vehicle (IoV) di mana Zenix tidak memilikinya. Dengan IoV mobil terkoneksi dengan internet dan bisa berperan sebagai device berbasis internet layaknya telepon genggam. Dengan demikian lifestyle masa kini penggunanya yang syarat dengan teknologi komunikasi lebih dapat dipenuhi.

Di lain pihak, lewat IoV berbagai kendali pada mobil bisa dilakukan melalui smartphone seperti lock/unlock pintu, menyala-matikan mobil, geo-fencing security dan lain sebagainya.

Voice command menjadi fitur yang ditawarkan Almaz namun kembali absen pada Zenix tipe G. Pada Almaz fitur ini dilabeli sebagai WIND atau Wuling Indonesian Command yang mampu menerima puluhan perintah dari mulai buka-tutup jendela hingga membuka navigasi.

Di level harga ini, Wuling Almaz RS berhasil memberikan opsi yang unggul secara value of money dibanding dengan apa yang diberikan oleh Kijang Innova Zenix.

Namun demikian, pilihan ada di tangan Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com