SUV Akan Jadi Standar Mobil Patroli Polisi Modern. Ini Alasannya

SUV Akan Jadi Standar Mobil Patroli Polisi Modern. Ini Alasannya

Lima hingga sepuluh tahun silam saat kita lihat film tenang polisi di Amerika Serikat, maka akan sering sosok sedan yang digunakan sebagai kendaraan operasional kepolisian ataupun patroli.

Namun beberapa tahun belakangan ini hal tersebut bukanlah suatu hal yang benar-benar nyata dalam keseharian kepolisian di sana. Sosok three boxes ala sedan pun telah berganti pada sosok SUV. Dan hal ini pun terjadi di seluruh kepolisian di AS.

Ternyata hal ini pun mulai menjadi trend di beberapa negara termasuk Eropa yang mulai mengganti sedan polisi dengan SUV.

Mengapa hal ini terjadi?

Dikutip dari police1.com, David (Doc) Halliday seorang mantan komandan Michigan State Police Precision Driving Unit and the Vehicle Test Team mengemukakan pendapatnya. Ia mengatakan bahwa awalnya kebutuhan rata-rata kepolisian di AS 60% atau lebih menggunakan sedan, sedangkan 40% atau kurang adalah SUV.

Namun bercermin pada kondisi saat ini hal tersebut salah. SUV telah mengalami kemajuan dengan demikian pesatnya. Kondisi ini tak lepas karena perkembangan teknologi di mana SUV modern punya kemampuan untuk melakukan pengejaran yang cukup bisa dihandalkan.

Berbeda dengan beberapa waktu silam di mana SUV merupakan sosok yang sulit dikendalikan dan dihandalkan untuk pengejaran di kecepatan tinggi.

Halliday menambahkan bahwa SUV jauh lebih praktis dan fleksibel untuk digunakan sebagai kendaraan patroli. “Mobil ini punya ruang yang cukup lega dan luwes dibandingkan sedan,” jelasnya. Ia memberikan contoh semisal anggota K9 atau polisi anjing lebih mudah dibawa dengan SUV daripada sedan.

Interior SUV Ford Explorer Interceptor Police Car 

Ford Explorer Intrceptor saat ini merupakan mobil yang paling banyak diandalkan oleh kepolisiian di AS. Mobil ini terbukti lebih mudah membawa perangkat pendukung pekerjaan Polisi seperti komputer, senjata, kotak P3K, radio komunikasi dan bahkan printer jika bandingkan dengan sedan.

SUV punya posisi duduk yang lebih tinggi dan memudahkan petugas untuk melakukan pengamatan dan patroli. Tak hanya itu juga punya ground clearance dan opsi penggerak AWD yang memudahkan polisi dalam merambah berbagai tipikal medan. Hal yang sangat terbatas apabila dilakukan oleh sebuah sedan.

Tentu tidak akan sama jika membandingkan kondisi di AS dan di Indonesia. Bisa jadi kebutuhannya akan beda dengan di tanah air, akan tetapi bukan hal yang mustahil SUV akan menjadi ujung tombak mobil Polisi Indonesia.

Ford Crown Victoria dianggap sebagai sedan paling sukses yang digunakan kepolisian ASPolisi AS era 90-an

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com