Penjualan Mobil Meningkat, Inilah Model-Model Yang Paling Diminati di 2022

Penjualan Mobil Meningkat, Inilah Model-Model Yang Paling Diminati di 2022

Secara keseluruhan penjualan otomotif di Indonesia mengalami kenaikan ketimbang tahun sebelumnya pada periode Agustus-September 2022.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) bahkan telah merilis daftar penjualan wholesales danberdasarkan data yang diterima pada Jumat, mobil segmen SUV dan mobil keluarga (LMPV) masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Menurut Ketua I GAIKINDO Jongkie Sugiarto, hal tersebut paling banyak dipengaruhi oleh kemampuan beli masyarakat yang rata-rata berada di kendaraan dengan harga di bawah Rp 300 juta.

"Selama ini, daya beli masyarakat kita adanya di kendaraan bermotor dengan harga Rp 300 juta ke bawah, dan juga mobil-mobil yang 5 pintu dan 7 seater (juga digemari). Jadi, para produsen memasarkan mobil-mobil tersebut," kata Jongkie kepada media nasional.

Di tipe 4x2, mobil-mobil seperti Daihatsu All New Xenia, All New Terios, hingga Honda BRV Prestige menjadi beberapa kendaraan yang memiliki penjualan kumulatif cukup tinggi, di kisaran angka 6.800 hingga 8.001 unit terjual.

Selain itu, beberapa varian yang lebih tinggi, di antaranya seperti All New Toyota Avanza juga mencatatkan angka penjualan cukup tinggi yaitu 10.832 unit untuk varian 1.3 E 2021 dan 14.615 untuk varian 1.5 G 2021. Ada pula Mitsubishi Xpander Ultimate (4x2) CVT yang terjual secara kumulatif sebanyak 14.613 unit.

Untuk mesin dengan CC lebih tinggi, di antaranya Mitsubishi Pajero Sport 2.4 L DAKAR (4x2) BAT meraih angka penjualan yang cukup tinggi yakni 11.549. Ada juga mobil Toyota lainnya yaitu All New Kijang Innova Venturer A/T 2020 terjual sebanyak 6.114 unit.

Lebih lanjut, tipe mobil 4x2 untuk semua varian CC jika ditotal secara kumulatif dari awal tahun hingga Agustus 2022 adalah 374.544 unit telah terjual. Sementara di tipe 4x4 adalah 4.919 unit, disusul dengan tipe sedan yang mencapai angka penjualan total 4.774 unit, dan kendaraan tipe bus sebanyak 1.474 unit terjual secara kumulatif.

Yang menarik, dari semua segmen kendaraan ini, penjualan mobil hingga Agustus cenderung stabil. Namun, terdapat penurunan signifikan di bulan Mei. Misalnya saja untuk segmen pasar 4x2 yang stabil di angka 40 ribuan dari bulan ke bulan, turun di angka 25 ribuan pada bulan Mei.

Menurut akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Pasaribu, hal tersebut dipengaruhi oleh libur lebaran hingga sekitar 2 minggu pada awal Mei 2022 membuat jumlah hari kerja yang lebih sedikit. Dampaknya, produksi kendaraan juga turun akibat libur panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com