Ini Arti Huruf B Pada Tuas Transmisi Daihatsu New Sirion .

Ini Arti Huruf B Pada Tuas Transmisi Daihatsu New Sirion .

Daihatsu Sirion mengalami penyegaran yang cukup masif kali ini. Selain berbagai fitur baru dan perubahan desain, hatchback yang dikirim utuh dari Malaysia ini juga sudah menggunakan sistem transmisi CVT yang diklaim mampu menghadirkan pengendaraan yang lebih halus dan juga hemat bahan bakar.

Berbincang mengenai transmisi, Sirion hanya ditawarkan dalam tanpa ada opsi transmisi manual. Dan girboks yang dipilih adalah D-CVT (Dual-CVT) yang juga ditemui pada sosok Daihatsu Rocky.

Uniknya pada penunjuk tuas transmisi New Sirion mengunakan simbol P,N,D,S dan B. Dari semua simbol yang ada yang dirasa cukup jarang ditemui pada kendaraan lain adalah simbol B. Sedangkan yang terlihat lebih familiar adalah S.

Apakah arti kedua simbol tersebut?

‘Simbol S itu artinya ‘Sport’ membuat perpindahan rasionya jadi lebih cepat naik. Hasilnya berupa akselerasi yang lebih spontan dan agresif,” tutur Bambang Supriyad, Technical Service Executive Coordinator Division PT Astra Daihatsu Motor.

“Untuk huruf B diartikan sebagai Brake alias pengereman. Mode ini digunakan pada saat mobil menghadapi turunan tajam atau mengalami deselerasi terutama dengan mengusung muatan yang banyak,” sambung Bambang saat dijumpai di Tomohon Sulawesi Utara, beberapa saat lalu

“Transmisi ini akan menahan posisi pada rasio gigi terendah,” sambung alumnus Universitas Gadjah Mada ini.

“Pada dasarnya saat posisi D (Drive) itu kan sudah ada engine brake-nya, tetapi jika engine brake itu dirasa kurang memperlambat kendaraan saat turunan ekstrem atau sedang muatan penuh bisa dipindahkan ke B,” tutupnya.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com