Esemka Akan Produksi Mobil Listrik?

Esemka Akan Produksi Mobil Listrik?

Kehadiran Esemka merupakan suatu kontribusi besar dari kalangan dunia pendidikan terhadap industri otomotif dan transportasi nasional. Saat ini, jika berkunjung kesitus resmi Esemka baru meluncurkan mobil pikap Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3.

Namun menurut kabar terbaru, Esemka akan memproduksi mobil listrik hal ini disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. Dia mengusulkan, pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik produk Esemka.

"Daripada mensubsidi pembelian motor dan mobil listrik buatan luar negeri, lebih baik Pemerintah mensubsidi pembelian mobil listrik Esemka. Itu barang bagus. Asli karya anak bangsa," kata Mulyanto dalam keterangan resminya, Senin (5/12).

Ia juga menambahkan, subsidi untuk mobil listrik Esemka akan berdampak baik pada pertumbuhan ekonomi nasional. Semakin banyak subsidi, kata Mulyanto, pesanan mobil Esemka akan semakin banyak kemudian tenaga kerja yang terserap juga meningkat.

Sebelumnya, pejabat Hubungan Masyarakat PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), mengatakan “Kami pasti akan masuk ke segmen mobil listrik karena potensinya sangat besar,” kata Sabar Boedhi, pada Februari 2021. Esemka sendiri tengah menjajaki pengembangan prototipe mobil listrik di Boyolali.

Pada saat ini juga, Pemerintah sedang menentukan besaran subsidi dan bagaimana mekanisme pemberian subsidi yang tepat.

“Kami bersama Kementerian/Lembaga dan unsur terkait, tengah berdiskusi mengupayakan ada subsidi untuk melakukan konversi dari kendaraan BBM ke listrik," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dilansir dari situs resmi Kemenhub.

Menhub mengatakan, subsidi konversi dapat dilakukan dari pengalihan alokasi anggaran subsidi BBM. “Dari pemerintah daerah juga bisa menginisiasi untuk mengalihkan anggaran yang kurang produktif, agar dialihkan untuk memberikan subsidi biaya konversi ke kendaraan listrik,” ucap Budi.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com