Emosional Boleh, Namun Beli Mobil Harus Rasional

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Kamis, 1 Desember 2022 17:00 WIB
Berita - Emosional Boleh, Namun Beli Mobil Harus Rasional
Bagikan ke:
Belilah mobil sesuai dengan kemampuan

Mobil sudah menjadi bagian dari sejarah peradaban dan juga kebutuhan hidup manusia. Dalam kurun waktu satu abad, mobil telah mengalami perluasan fungsi, tak hanya sebagai media yang fungsinya memindahkan orang, namun juga meluas pada kebutuhan lainnya, bahkan hingga lifestyle.

Untuk itulah produsen mobil dunia semakin gencar membuat produk yang beragam sesuai dengan segmentasi dan kebutuhan masyarakat saat ini. Alhasil saat ini kita mendapati banyak model dan varian kendaraan dengan beragam harga.

Dengan pilihan yang sedemikian banyak, di satu sisi cukup membantu orang membuat pilihan mobil sesuai dengan keinginannya. Di sinilah muncul pilihan karena faktor emosional. Biasanya berwujud mobil-mobil dengan karakter sporty, punya fitur lengkap, mewah ataupun punya performa tinggi. Sayangnya ada syarat tambahan yakni kemampuan finansial yang cukup untuk bisa mewujudkannya.

Faktor kemampuan finansial inilah yang tidak dimiliki oleh semua calon pembeli. Di sinilah pembeli dituntut untuk lebih rasional untuk menentukan pilihan agar sesuai dengan kemampuannya.

Tak ada yang salah ketika ingin membeli sebuah mobil lantaran faktor emosional tapi alangkah bijaknya sesuai dengan kemampuan.

“Biasanya untuk menjangkau pasar yang lebih luas, produsen memberikan pilihan trim level pada mobil tersebut. Jika kemudian profil keuangan calon pembeli masih juga tidak sesuai, barulah pindah ke model yang lebih low,” tutur Bebin Juwana salah satu pengamat otomotif Indonesia.

Foto - Emosional Boleh, Namun Beli Mobil Harus Rasional

Nah, untuk mengetahui kemampuan ideal alangkah bijaknya jika kita melakukan beberapa simulasi supaya kita dapat mengukur performa kita dan membeli mobil yang paling rasional dengan mobil yang kita  inginkan.

Salah satunya dengan menggunakan fitur-fitur yang dimiliki oleh SEVA.

Pertama kita bisa menggunakan Car Discovery Platform yang akan membantu dan mempermudah konsumen dalam mencari mobil baru, tentunya yang berada di jaringan SEVA yang melayani mobil-mobil di bawah payung Astra Grup seperti Toyota, Daihatsu,Isuzu, Peugeot hingga BMW.

Kemudian lanjut menggunakan fitur Loan Calculator dari SEVA untuk melakukan simulasi kredit. Hal ini dilakukan agar pembeli mendapatkan mobil yang sesuai dengan profil finansialnya. “Pada tahapan ini calon pembeli akan dihadapkan dengan profil keuangan yang dicocokkan dengan mobil yang diinginkan. Dan biasanya di sinilah keputusan realistis model dan varian mobil yang ‘aman’ untuk dibeli secara kredit,” terang Amar Ibrahim, SH. Head of Marketing SEVA saat dihubungi OtoDriver beberapa waktu lalu. 

Selanjutnya bisa diteruskan dengan Instan Approval untuk bisa mendapatkan kepastian yang cepat tentang permohonan kredit yang diajukan.

Dengan melakukan berbagai tahapan ini yang ada, maka kita dapat meminang mobil yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan juga sesuai dengan kemampuan.

“Mobil yang dibeli haruslah memberikan peningkatan kehidupan bukan malah jadi beban kehidupan finansialnya,” tutup Amar.

platform SEVA bisa dikunjungi di website Seva.id atau download aplikasinya di playstore dan appstore”

Untuk info selengkapnya, langsung aja SatSet kunjungi website Seva.id atau download aplikasi diplaystoredan appstore. Jangan kuatir, Anda bisa mengajukan pembelian secara kredit dengan Instant Approval. Dengan bantuan Loan Calculator kamu akan mendapat perhitungan cicilan yang masuk akal, semuanya jadi Jelas dari Awal.

#innova-zenix #toyota #hybrid #seva

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.