Berpergian Jauh Menggunakan Tol Mobil Harus Benar-Benar Dipersiapkan

Berpergian Jauh Menggunakan Tol Mobil Harus Benar-Benar Dipersiapkan

Sarana pendukung transportasi darat salah satunya adalah jalan tol. Dan Indonesia menjadi salah satu negara yang tengah menggenjot pembangunan jalan tol di berbagai lokasi baik di Jawa maupun luar Jawa.

Dengan tol jarak tempuh semakin singkat dan kendaraan relatif bisa berlari dengan kecepatan tinggi dalam waktu yang lama.

Akan tetapi, kecepatan tinggi dan diperasnya performa dalam waktu yang lebih lama menuntut kondisi mobil benar-benar prima.

“Kondisi ini berlaku untuk semua jenis mobil dan juga tahun perakitan. Termasuk mobil baru yang masih bugar kondisinya, tutur Sony Susmana Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) saat dihubungi Otodriver beberapa waktu lalu.

“Semua bagian mobil harus terlebih dulu dipastikan dalam kondisi bagus dan tidak rusak,.  Apapun yang berhubungan dengan safety janganlah ditawar lagi,” sambungnya.

Untuk itu perlunya dilakukan pemeriksaan dan persiapan yang matang dalam rangka melintas jalan tol terlebih antar kota atau provinsi.

Adapun hal yang perlu dicek adalah sebagai berikut:

1. Ban.

Pastikan kondisi baik sempurna, cek ketebalannya dan tekanan anginnya. Pastikan tidak ada cacat pada konstruksi ban dan kembangan ban masih layak pakai.

2. Mesin

Mesin harus disiapkan dengan baik. Cek kondisi oli dan juga air radiator.

3. Transmisi

Pastikan transmisi bekerja dengan optimal. Cek oli dan ketebalan kampas koplingnya (terlebih kendaraan manual dengan pemakaian tinggi)

4. Rem

Periksa kondisi kampas rem. Pastikan kampasnya masih tebal dan tidak ada kerusakan atau kebocoran pada bagian rem.

5. Bagian yang Jarang Rusak

Periksa bagian-bagian yang kerusakannya sering tidak terduga, seperti timing belt, engine mounting, selang radiator.

6. Fluida

Pastikan semua fluida baik itu untuk pelumasan,pendinginan ataupun untuk tekanan kondisinya baik dan cukup.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com