Akan Seperti Ini Harga Perlite dan Biosolar Dalam Kondisi Telanjang Tanpa Subsidi

Akan Seperti Ini Harga Perlite dan Biosolar Dalam Kondisi Telanjang Tanpa Subsidi

Kini Pertalite didapuk menjadi Jenis BBM Penugasan Khusus (JBPK) produksi Pertamina yang disubsidi Pemerintah. Sementara untuk jenis bahan bakar mesin diesel, jenis Biosolar menjadi jenis BBM yang juga mendapatkan subsidi.

Di tengah gejolak melambungnya harga minyak dunia, Pemerintah tetap mempertahankan harga banderol Pertalite yang memiliki Research Octane Number (RON) 90 tetap berada di Rp 7.650 / liter. Sementara untuk Biosolar tetap kokoh di angka Rp 5.150 /liter.

"Baik Biosolar maupun Pertalite merupakan jenis BBM yang mendapat dukungan dari pemerintah dalam bentuk subsidi atau kompensasi, sehingga harganya tetap," ujar Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero). dalam rilis resmi Pertamina, Senin (11/4).
Lalu berapakah sebenarnya harga wajar kedua bahan bakar tersebut untuk kondisi saat ini apabila subsidi keduanya dicabut?

Dalam keterangan resmi Pertamina, tercantum bahwa nilau subsidi untuk Pertalite adalah Rp 4.000/liter hingga Rp 4.500/liter. Sedangkan untuk Biosolar nilai subsidi yang diterimanya mencapai Rp 7.650/liter.

Maka dengan data ini, maka apabila hal tersebut disimulasikan maka dapat disimpulkan bahwa harga tanpa subsidi untuk tiap liter Pertalite berada di angka Rp 11.650/liter hingga Rp 12.150/liter. Sedangkan untuk Biosolar harga ecerannya di angka Rp 12.950/liter.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com