Wuling : ADAS Fitur Canggih Tapi Bukan Berperan Gantikan Fungsi Pengemudi

Wuling : ADAS Fitur Canggih Tapi Bukan Berperan Gantikan Fungsi Pengemudi

Sebagai sebuah brand yang relatif gres, Wuling banyak melakukan pembenahan dan pencangkokan teknologi terkini pada produknya. Salah satu adalah Advance Driver Assistance System (ADAS) yang dibenamkan pada unit Almaz RS.

ADAS merupakan sistem yang berisi berbagai fitur yang membantu mengurangi beban kerja pengemudi, sehingga meningkatkan aspek keselamatan dan juga kenyamanan. Sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi berperan sebagai indra tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar yang akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respons yang sesuai 

Jadi fitur ADAS hadir sebagai bantuan bagi pengemudi bukan menggantikan peran pengemudi. “ADAS bersifat bantuan bagi pengemudi tanpa menghilangkan peran pengemudi. Jelasnya tiap pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktof merespon keadaan sekitar,” terang Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors melalui virtual conference, Rabu (21/04).

Lebih jauh lagi, Danang menjelaskan bahwa fitur ADAS ini memiliki beberapa syarat dan batasan agar dapat aktif. Namun dituntut juga peran aktif pengguna Almaz RS untuk mempelajari dan memahami fungsi dan prosesnya melalui buku manual kendaraan. Sebagai contoh, untuk mengaktifkan fitur Adaptive Cruise, seluruh pintu harus tertutup rapat, penumpang harus menggunakan sabuk pengaman, tuas transmisi di posisi D, sistem ESC aktif dan e-brake (rem parkir) tidak aktif. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com