Waspada Ada Uji Coba Lintasan Road Bike Di Jalan Protokol Ibukota

Waspada Ada Uji Coba Lintasan Road Bike Di Jalan Protokol Ibukota

Tren bersepeda di Indonesia masih marak, bahkan makin difasilitasi untuk memperluas penggunaannya sebagai salah satu langkah pengurangan polusi udara. Paling baru adalah aturan lintasan road bike di jalan protokol Jakarta.

Padahal sebelumnya, sudah dibuat jalur khusus sepeda secara permanen di lintasan Jl. Jendral Sudirman hingga MH Thamrin. Serta membolehkan berkendara di Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang untuk akhir pekan. Namun hal ini dirasa kurang, khususnya pada pengguna sepeda jenis road bike.

Foto: Jason

Dilansir Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Senin ini (7/6) merupakan hari pertama pelaksanaan uji coba kegiatan road bike di Ruas Jalan Jenderal Sudirman-M.H. Thamrin.

Kegiatan ini rencananya akan berlangsung sepanjang hari kerja. Yakni hari Senin hingga Jum’at pada pukul 05.00-06.30 WIB tanpa penerapan penutupan/pengalihan arus lalu lintas jalan.

Agar tidak menimbulkan kemacetan dan membahayakn pengguna jalan lainnya, pesepeda diminta agar berada pada lajur sebelah kiri. Serta memperhatikan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Sementara bagi peserta Uji Coba Kegiatan Road Bike yang masih berada di Ruas Jalan Jenderal Sudirman-M.H. Thamrin setelah pukul 06.30, agar menggunakan jalur sepeda terproteksi yang telah tersedia.

Dihimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu–rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

"Uji coba tahap awal akan dilakukan saat hari kerja seminggu ke depan, dari Senin sampai Jumat. Jika di sana ada tiga lajur, dua lajur kendaraan bermotor di satu lajur pada jam 05.00 sampai 06.30 itu difokiskan pada kegiatan bersepeda," kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam pernyataan tertulisnya.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com