Land Cruiser 70 Series ‘Sang Immortal’ Mendapat Upgrade Untuk Tetap Eksis

Land Cruiser 70 Series ‘Sang Immortal’ Mendapat Upgrade Untuk Tetap Eksis

Umurnya sudah cukup tua untuk sebuah mobil, pertama kali hadir pada 1984 dan masih bertahan hingga kini menjadikan Land Cruiser 70 Series menjadi model yang paling lama diproduksi dalam keluarga Land Cruiser dan bahkan brand Toyota. Saat ini model paling panjang masa baktinya ini masih dijajakan di kawasan Timur Tengah dan Australia.

 Memang dari sisi sisipan teknologi kenyamanan maupun keselamatan mobil ini jauh ketinggalan dengan series Land Cruiser lain seperti 300 Series ataupun Prado 120 Series. Tapi toh mobil ini masih dibutuhkan dan laku. Sebagai gambaran setiap tahun mobil ini masih terjual hingga 10 ribu unit per tahunnya di Australia. Ini menandakan bahwa mobil ini masih memiliki pasar yang cukup baik.

Seperti dikabarkan carscoops, juru bicara Toyota mengatakan pada media otomotif Australia bahwa model ini akan menerima upgrade fitur keselamatan seperti Dual Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Brake Assist, Electronic Brakeforce Distribution dan Hill Assist Control serta penguatan pada bagian sasis.

Sebenarnya pada 2016 silam 70 Series Single Cabin sudah mendapatkan update ini, namun tidak demikian dengan varian double kabin, wagon dan troopcarrier. Varian-varian inilah yang kemudian akan mengalami up grade untuk tetap masuk persyaratan keamanan yang berlaku. Sebagai gambaran versi single cab mampu mengumpulkan lima bintang pada uji tabrak yang dilakukan Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

Mengenai mesin, saat ini Land Cruiser 70 Series di Aussie tetap menggunakan diesel V8 berkode 1VD-FTV 4.500 ccturbocharged yang menghasilkan 202 hp/torsi 430Nm. Mesin ini mengantongi sertifikasi Euro 5 yang akan berlaku di Australia hingga 2027 sebelum berpindah ke protokol emisi Euro6.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com