Land Cruiser 300 GR Diesel, Berisik Laksana Truk

Land Cruiser 300 GR Diesel, Berisik Laksana Truk

Pertama kali dalam sejarah panjang Toyota Land Cruiser, untuk menyematkan mesin diesel V6 diesel dalam engine bay. Land Cruiser 300 menjadi pelopor penggunanya.

Seperti dilaporkan oleh carscoops, suara yang mesin berkapasitas 3.300 cc tersebut ternyata sedikit mengecewakan. Pasalnya suara yang dihasilkan pada saat idle relatif kasar.

Hal ini nampak pada video yang diunggah Kurdistan Automotive Blog yang menunjukan sebuah Land Cruiser 300 GR Sport Diesel dalam kondisi mesin idle.

Dalam video 14 detik tersebut terdengar suara yang mesin yang terdengar mendengkur layaknya sebuah truk. Sekilas kebisingannya yang dihasilkannya mirip mesin 4 silinder diesel. Dan jika dibandingkan dengan mesin diesel 6 silinder inline seperti 1HDT yang digunakan oleh Land Cruiser 80 Series, mesin berkode F33A-FTV, nampak lebih berisik.

Besar harapan pada insinyur Toyota telah memikirkan lebih lanjut mengenai suara ini, agar tak berefek terlalu buruk pada kabin.

Mesin baru ini mampu menghasilkan 304 hp dan torsi 700 Nm. Kinerja mesin ini dikirimkan ke empat roda dengan perantara transmisi 10 speed Direct Shift.

Trim level GR Sport, kunci diferensial depan dan belakang menjadi standar, seperti halnya Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) yang canggih.

Dalam suatu kesempatan Toyota Astra Motor sebagai APM Toyota di Indonesia mengatakan bahwa besar kemungkinan Land Cruiser 300 akan dijajakan di Indonesia. Hanya saja belum ada keterangan lebih lanjut kapan hal tersebut terjadi dan juga jenis mesin yang akan digunakan.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com