Konsumsi BBM All New Daihatsu Xenia Tembus 17,7 KM/Liter, Ini Rahasianya

Konsumsi BBM All New Daihatsu Xenia Tembus 17,7 KM/Liter, Ini Rahasianya

Setelah mencuri perhatian dalam pameran pertamanya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, kini OtoDriver berkesempatan menjajal langsung kehebatan All New Daihatsu Xenia di Jogjakarta hingga ke Semarang, (11-12/12).

Dengan ubahan yang cukup revolusioner, Xenia tak hanya tampil lebih gagah. Namun juga punya keunggulan dalam hal konsumsi bahan bakar yang baik. Ini semua bukan semata-mata terdapat pengaturan baru pada bagian mesin, namun juga penerapan penggerak roda depan yang dianutnya, mampu memberikan efek positif pada iritnya BBM.

Beruntungnya kami diberi kesempatan mencoba kedua model, baik yang mengusung mesin 1.300 cc dengan muntahan tenaga 98 Hp pada rpm 6.000 dengan torsi 122 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm bertransmisi manual 5 percepatan, dan 1.500 cc bertenaga 107 Hp di putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm bertransmisi CVT.

Menempuh jarak nyaris 200 Km menyusuri lingkar selatan dari Jogja, Kebumen, Magelang hingga berhenti di Semarang, kami melihat keduanya tidak kualahan melahap jalan menanjak dan berliku ditambah padatnya jalan yang kami lalui saat itu.

Lantas sesampainya di Semarang, kami melihat konsumsi bahan bakar dari keduanya cukup impresif. Dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam hasil kombinasi di dalam kota, kami berhasil mencatatkan konsumsi mencapai 14,4 km/liter untuk Xenia bermesin 1.300 cc, sedangkan dalam rute tol dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam, model ini justru menghadirkan konsumsi BBM 17,7 km/liter (klaim Daihatsu). Sedangkan untuk tipe tertinggi yang mengandalkan mesin 1.500 cc, torehannya juga cukup menyenangkan di angka 14 km/liter, sementara rute tolnya di angka 17,4 km/liter (hasil klaim Daihatsu).

Sebuah pencapaian yang cukup baik. Apalagi model ini juga memiliki persaingan yang ketat dengan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) lainnya seperti Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga. Tentu bekal konsumsi yang baik akan menjadi sorotan.

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com