Honda Siapkan ZR-V Untuk Masuk Trend Crossover Mungil

Honda Siapkan ZR-V Untuk Masuk Trend Crossover Mungil

Pada tahun 2021 ini sepertinya akan muncul trend SUV mungil di pasar mobil Indonesia. Kondisi ini dapat dilihat dengan kemunculan Kia Sonet, Datsun Magnite dan duo Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang diperkirakan menyusul dalam beberapa waktu ke depan.

Dari kubu Honda Indonesia masih belum terlalu terbuka untuk mengungkap strateginya dalam menghadapi arah trend ini. "Kita sedang melakukan survei, kalau demand meningkat tentunya ada peluang. Soal model, untuk small SUV memang sudah ada,” tegas Yusak Billy, Business Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor, lewat wawancara virtual beberapa waktu silam. Namun demikian, Billy enggan menjelaskan lebih rinci mengenai hal crossover yang dimaksud.

Mengenai sosok mobil Honda yang akan ditandingkan dalam segmen ini sepertinya akan mengerucut pada ZR-V. Label model ini sebelumnya diketahui telah didaftarkan patennya sekitar pertengahan tahun 2020 silam. Mungkin kehadiran perdananya tidak akan terjadi dulu di Indonesia, melainkan di India.

Dikutip dari gaadiwadi.com, Honda Cars India Ltd (HCIL) memberikan isyarat bahwa ZR-V merupakan sosok yang pas untuk bertarung di kelas mobil sub-4-meter yang saat ini disebut-sebut muncul sebagai ‘oase’ baru di pasar India. Sebagai informasi, segmen ini diperebutkan oleh Kia Sonet dan beberapa brand lainnya. Segmen ini memiliki profil yang hampir sama dengan segmen SUV kompak di tanah air.

Kembali ke ZR-V, bagi Honda India kehadirannya diharapkan bisa menambal penjualan Honda di sana yang kurang sedap lantaran WR-V yang lemas dalam penjualan dan juga CR-V yang dihentikan produksinya, karena penjualan yang lesu.

Dari sisi spesifikasi, ZR-V kemungkinana akan menggunakan mesin bensin 1.200 cc (L12B), seperti yang digunakan Brio di Indonesia. Karena bakal dikembangkan untuk pasar India terlebih dulu, maka pilihan mesin diesel 1.500 cc turbo hadir sebagai pilihan.

Mengenai seperti apa perwujudan ZR-V itu sendiri masih tergolong gelap, Honda belum mengeluarkan gambar resminya walau di jagad maya telah beredar gambar rendering untuk mobil ini.

Mengenai kehadirannya, rencananya ZR-V akan diluncurkan di India pada 2022 mendatang.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com