Menjajal Hyundai Avante N Langsung di Negeri Ginseng

Menjajal Hyundai Avante N Langsung di Negeri Ginseng

OTODRIVER - Salah satu yang ditunggu-tunggu saat kunjungan kami ke Korea Selatan atas undangan Hyundai Motor Company adalah mencoba varian high-performanya yakni Hyundai N.

Hyundai Avante N pun menjadi mobil yang disuguhkan oleh Hyundai untuk dijajal di Hyundai Driving Center Experience di Taean, sebuah kota 109 km dari Seoul.

Sekedar informasi, Avante merupakan nama lokal untuk pasar Korea Selatan dari Elantra. Jadi di pasar global mobil ini dikenal sebagai Elantra N.

Huruf N tersebut diambil dari kata Namyang yang menjadi pusat riset dan kelahiran mobil bikinan Hyundai. Imbuhan nama N pada mobil ini merupakan sesuatu yang cukup serius dalam hal performa.

Dari penampilannya Avante N kental dengan aura performa tinggi lengkap dengan front lips spoiler yang diberi sentuhan kelir merah.

Nampak pula kisi-kisi udara besar pada kedua sisi bumper untuk mendinginkan mesin buasnya.

Pada sisi nampak side skirt hingga rear diffuser yang jadi ciri lainnya.

Sedangkan pada bagian buritan nampak spoiler belakang yang mempertajam kemampuan sedan ini.

Untuk jantung mekanisnya, Hyundai membekalinya dengan mesin 2.0 liter turbo dengan kailan daya 276 hp /5.500 rpm-6.000 rpm dengan torsi maksimal 391.8 Nm pada 2.100-4.700 rpm
Hyundai memberikan dua opsi transmisi yakni 6 speed manual dan transmisi Dual Clutch Transmision (DCT) 8 percepatan. Model kedua inilah yang kami coba di Taean.

Tampilan interiornya nampak sporty dan dilengkapi dengan instrumen yang terhitung cukup detail dalam menyajikan berbagai informasi kondisi mobil itu.

Pada bagian lingkar kemudi nampak tombol bertulis N untuk pemilihan dan penyetingan drive mode.

Sedangkan terdapat pula sebuah tombol bulat merah bertulis N Grin Shift (NGS). Saat tombol ini diaktifkan maka managemen mesin akan memaksimalkan kinerja turbocharger dan juga respons transmisi, hasilnya terdapat tambahan tenaga sebesar 10 hp selama 20 detik.

Pelek 19 inci salah satu ciri yang membedakan Avante N 

Untuk menyambangi performanya, Hyundai memilih pelek aloy 19 inci yang dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S 245/35 ZR dan untuk menyokong pengereman digunakanlah cakram berukuran 360 mm.

Avante N di Taean

Pada saat pertama kali menggendarai mobil ini, terasa bahwasanya mobil ini punya suspensi yang relatif keras untuk mendukung performanya.

Saat N mode diaktifkan, suspensi terasa lebih kaku, raungan mesin lebih garang dan respons mesin lebih sigap.

Beberapa kegiatan seperti slalom hingga hard braking kami lalui. Kemudian kami pun berkesempatan untuk menguji di sirkuit sepanjang 3,4 km yang punya 16 tikungan ini.

Pada kesempatan ini, kami terbagi dalam satu kelompok terdiri atas empat orang yang masing-masing mengendarai mobil dengan satu instruktur yang memimpin di mobil terdepan.

Sayangnya kami tak bisa mengeber mobil sepenuhnya karena mobil instruktur kami itu membatasi kecepatannya. Sehingga tidak bisa merasakan top speed dari Avante N ini.

Hyundai Driving Experience

Lagi-lagi kondisi hujan yang turun sepanjang hari itupun semakin deras. Permukaan aspal yang kami lintasi pun semakin tergenang pada putaran kedua. Ini yang kemudian semakin membatasi pergerakan kami di lintasan.

Walau demikian cukup buat kami untuk merasakan handling dan akselerasi mobil ini.

Secara keseluruhan mobil ini cukup menyenangkan untuk dikendarai mulai dari mesin yang cukup responsif dan handling yang cukup baik.

Walau pun cukup menarik, namun pihak Hyundai belum memberikan kode akan kedatangan mobil ini di pasar Indonesia.

Avante N merupakan rival langsung dari Honda Civic Type R, di mana Avante N memberikan opsi lebih luas dengan kehadiran girboks DCTnya.  (SS) 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com