Begini Cara Kerja Fitur Modern Wuling RS, Internet of Vehicle (IoV)

Begini Cara Kerja Fitur Modern Wuling RS, Internet of Vehicle (IoV)

Wuling Almaz RS adalah varian tertinggi dari Wuling Motors yang dijual di Indonesia. Tak ayal sederet teknologi canggih tertanam di dalamnya, dan dirasa sesuai dengan karakter orang Indonesia yang menggilai gadget mereka,

Oleh karena itu fitur bernama Internet of Vehicle (IoV) adalah sebuah penemuan penting yang dapat memudahkan konsumen meski sedang mengemudi. IoV memiliki fungsi yang perannya cukup penting dan juga bisa dimanfaatkan untuk "meringankan beban" pengguna mobil. IoV ini bisa sebagai pengganti kunci remote mobil yang serba bisa.

Syarat untuk menikmati fitur ini adalah dengan cara mengunduh aplikasi My Wuling Plus melalui smartphone Anda. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk Android. Untuk iOS yang merupakan sistem operasi perangkat keras dari Apple nampaknya harus bersabar.

Secara garis besar, IoV memiliki beberapa fitur, di antaranya Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security, Bluetooth Key, Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? "Pertama unduh dulu aplikasi My Wuling Plus. Setelah mengunduh harus meregistrasi akun dengan mengisi data diri, mencantumkan alamat email serta set password," ujar Suhendri Laiman selaku Product Planning Wuling Motors.

Setelah teregistrasi, untuk bisa mengaktifkan IoV, user harus "mengikat" kendaraan tersebut dengan cara mengaktifkan Bluetooth Key.

"Jadi harus komplit, dua hal itu enggak boleh terpisah. Untuk "mengikat" bluetooth bisa juga melalui scan (barcode) di headunit atau bisa mengikuti perintah yang ada di sini (aplikasi)," jelas Hendri. Jika sudah aktif, Anda bisa menikmati seluruh fitur yang ditawarkan IoV.

Untuk mengetahui posisi atau lokasi terkini kendaraan melalui smartphone, Anda bisa memanfaatkan fitur Vehicle Positioning. Fitur ini sangat membantu saat lupa dimana Anda memarkirkan Almaz RS.

Kemudian fitur Vehicle Remote Control juga berfungsi sebagai alat kendali jarak jauh melalui smartphone. Fitur ini dapat berfungsi untuk memanaskan mesin mobil tanpa perlu masuk ke dalam mobil.

"Untuk memanaskan mesin, kondisi mobil harus terkunci rapat termasuk engine hood. Jadi kalau kondisi pintu tidak terkunci tapi kita mau hidupkan mesin maka nanti akan muncul notifikasi sistem gagal beroperasi di aplikasi tersebut," ujar Hendri.

Sebagai pengamanan ganda, saat mesin dinyalakan melalui fitur tersebut, maka tuas persneling tidak bisa digeser atau terkunci. Kalaupun pedal gas diinjak maka mesin akan mati. Jadi fungsi fitur ini hanya sebatas untuk memanaskan mesin saja.

Selain berfungsi untuk memanaskan mesin, melalui fitur ini Anda juga bisa menyalakan AC untuk mendinginkan kabin, membuka dan menutup jendela, serta kunci pintu.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com