All New Nissan Frontier North America, Bukan Kembaran Navara

All New Nissan Frontier North America, Bukan Kembaran Navara

Jika dulu kita kenal nama Nissan Navara dan Frontier merupakan saudara kembar, namun sekarang beda ceritanya. Kemunculan All New Nissan Frontier 2021 untuk pasar Amerika Utara menguak segalanya. Pikap baru ini sama sekali berbeda dengan Navara yang kita kenal di Indonesia ataupun kawasan Asia lainnya. Dari sisi dimensi lebih besar dibandingkan dengan model Asia.  

Khusus pasar Amerika Utara, memang tidak dikenalkan model D23 yang merupakan model Navara seperti yang kita kenal. Generasi terdahulu Frontier di kawasan North America masih menggunakan model bodi D40 yang tak lain merupakan model sebelum D23.

Jadi All New Frontier ini merupakan model stand alone (berdiri sendiri) dan bukan merupakan pararel model. 

Dikutip dari Hypebeast, tampilan Nissan Frontier baru ini terlihat jauh berbeda di bagian eksteriornya. Termasuk adanya  penambahan lebar bodi hingga 5 inci dan wheelbase yang makin panjang hingga 13,8 inci.

Bahkan jika disandingkan dengan Navara generasi ke-3 (D23) yang beredar saat ini di Indonesia, nyaris tak ada persamaannya.

Ini karena Frontier anyar ini mengandalkan headlamp LED kotak dengan grill berwarna hitam jadi andalannya. Bentuk bumper depannya juga lebih boxy dari sebelumnya. Nissan mengaku terinspirasi desain pikap Nissan Hardbody tahun 90-an.

Untuk penggeraknya, Frontier mengandalkan mesin bertipe V6 3.800 cc dengan tenaga 310 dk dan torsi 380 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi 9-percepatan otomatik.

Tenaga tersebut dirasa cukup untuk menghasilkan daya angkut hingga 635 kg dan menarik trailer seberat 2.944 kg.

Ada dua pilihan gerak roda yang ditawarkan, yakni gerak belakang (RWD) dan AWD. Fiturnya dilengkapi dengan Hill Start Assist dan Hill Descent Control.

Masuk ke interior, ada kombinasi warna hitam dan oranye cerah dengan jok berjuluk Nissan Zero Gravity. Untuk fitur hiburan, terdapat headunit layar sentuh 9 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Serta layar MID 7 inci.

Nantinya Frontier baru ini direncanakan masuk ke pasar Amerika Utara mulai pertengahan 2021 dengan empat pilihan tipe. Yaitu S, SV, Pro-X dan Pro-4X.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com