All New Ford Ranger Meluncur, Speknya Bikin Deg-Degan Rivalnya

All New Ford Ranger Meluncur, Speknya Bikin Deg-Degan Rivalnya

Ford Ranger 2022 dibuka selubungnya di Australia. Generasi terbaru ini punya penampilan yang cukup segar dan menyenangkan jika dibanding model sebelumnya.

Sekilas, wajahnya mengingatkan pada sosok F-150, hanya saja dengan ukuran yang lebih kompak dari pikap legendaris di pasar Amerika Utara tersebut.

Bukan rahasia lagi bahwa platform Ranger baru ini akan digunakan juga pada Volkswagon Amarok pada 2023 nanti. Dan model Ranger ini merupakan model global yang akan disasarkan pada 180 negara termasuk Amerika Serikat.

"Kami menata ulang Ranger dengan mencoba memahami dan menafsirkan bagaimana yang diharapkan pelanggan kami untuk sebuah pick up. Kami tidak hanya membuat truk yang bagus tapi ingin membuat yang luar biasa dan menginspirasi setiap kali mereka melihat Ranger," kata Max Tran, Chied Designer Ford Ranger, seperti dikutip dari whichcar.com.au.

Dalam pengembangannya tim yang dipimpin Tran menghabiskan ratusan jam untuk berkeliling beberapa negara. Mulai dari Thailand, Australia, Amerika Selatan, Eropa, Cina, Arab Saudi, dan Amerika Utara. Tujuannya untuk mengeksplorasi seperti apa kebiasaan para pengguna pick up memperlakukan kendaraannya setiap hari.

Selain itu Ford juga melakukan lebih dari 5.000 wawancara dan membuat lebih dari 1.800 halaman bahan referensi. Hal ini kemudian menjadi masukan bagi tim pengembangan Ford Ranger 2022 untuk membuat pick up yang memiliki fitur dan kemampuan sesuai harapan para pemakainya.

"Kami melihat dan memperhatikan para pemilik menggunakan truck pick up mereka, baik untuk bekerja, berpergian bersama keluarga, atau bermain di lintasan. Ini menginspirasi beberapa ide fantastis yang membantu keputusan tim desain dan pengembangan kami," ujar Tran.

Berbeda dengan tampilan eksteriornya yang terkesan gahar, interior mobil ini justru nampak lebih kalem, modern , stylish dan serba guna.

Dashbor dengan layar sentuh sebesar 12 inci ini, sebagian besar materialnya menggunakan bahan soft touch yang memberikan kenyamanan tersendiri.

Di balik kap mesinnya, Ford menyediakan beberapa pilihan mesin bagi Ranger. Mulai dari mesin 3.0-liter V6 Turbodiesel, lalu ada mesin 2.0-liter Turbo, dan mesin 2.0-liter Bi-Turbo.

Pilihan transmisi manual tetap ada sementara untuk opsi otomatis Ranger menawarkan girboks 10 percepatan. Tak hanya itu Ford juga menyematkan shift-by-wire e-shifter pada gearbox transmisi otomatisnya.

Dari paparan spesifikasinya, Ranger jelas bikin ngiler dan di atas kertas jadi ancaman bagi Toyota Hilux ataupun Mitsubishi Triton. Namun apakah masih punya kesempatan hadir di tanah air?

Kita tunggu saja tanggal perkembangannya.

 

 

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com