Toyota Kena Denda RP 175 M di Cina Karena Masalah Satu ini

Toyota Kena Denda RP 175 M di Cina Karena Masalah Satu ini

Toyota harus membayar denda sebesar 87,6 juta Yuan atau sekitar Rp 175 miliyar kepada lembaga pengawas pasar Cina. Pabrikan tiga oval ini dianggap telah melakukan pengaturan harga untuk produk-produk premium mereka, Lexus di Provinsi Jiangsu seperti dikutip dari Reuters.

Biro anti-monopoli Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar menjelaskan, antara tahun 2015 sampai 2018 Toyota disinyalir menetapkan harga jual minimum dan harga jual kembali untuk mobil-mobilnya di provinsi yang terletak di wilayah timur negeri Tirai Bambu itu.

(Lexus RX Dapatkan Ubahan Ringan di Indonesia)

 

Manajer penjualan Toyota disebut menginstruksikan dealer di Jiangsu untuk tidak memberi potongan harga lebih dari 6 persen untuk beberapa produk Lexus. Pihak dealer juga dilarang memberi diskon untuk model yang dijual secara online. Hal ini dianggap merampas hak dealer untuk menentukan harga sendiri dan secara tidak langsung merusak hak pelanggan.

Lebih lanjut dalam penerapan strategi penetapan harganya, Lexus melakukan praktik 'pemaksaan'. Mereka menawarkan diskon untuk mobilnya, jika konsumen membeli aksesori yang harganya juga sudah ditetapkan.

(VIDEO: Terkaan Kijang Innova Generasi Terbaru)

Juru bicara Toyota menolak berkomentar banyak. Mengutip dari Reuters, mereka mengaku telah mengetahui penalti ini dan menghormati keputusan tersebut, secara tidak langsung mengakui pelanggaran yang mereka lakukan.

Sementara itu mengutip dari Nikkei, denda yang nilainya setara 12,5 juta dolar AS ini sama dengan 2 persen pedapatan fiskal mereka pada 2016 di Provinsi Jiangsu.

Lexus sendiri menjadi pendorong pertumbuhan penjualan Toyota di Cina. Di tengah pasar yang menyusut akibat regulasi kendaraan roda empat yang diperketat, brand premium ini mencatat penjualan sebanyak 180.200 unit mobil selama Januari-November 2019. Angkanya naik 21 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sementara itu melihat rekam jejaknya, Toyota bukan satu-satunya pabrikan yang mendapatkan denda dari lembaga pengawas perdagangan Cina. Juni 2019 lalu, perusahaan patungan Ford dan Changan Automobile Group didenda 162,8 juta Yuan atas pelanggaran hukum anti-monopoli di sana.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com