Toyota Innova Venturer Hilang Di Pasaran, Ada Apa Gerangan?

Toyota Innova Venturer Hilang Di Pasaran, Ada Apa Gerangan?

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, konsumen di Indonesia justru terjadi peningkatan pembelian pada mobil kelas menengah. Hal tersebut dapat dilihat dari angka penjualan yang dirilis pihak Gaikindo, dimana pasar Low Cost Green Car (LCGC) justru mengalami penurunan, dan kelas Avanza hingga Innova malah mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, kami melakukan penelusuran ke dealer Auto2000 yang terletak di Radio Dalam. Dari situ, kami menemui fakta dar salah satu tenaga penjual bahwa terjadi kelangkaan untuk Innova versi tertinggi, yaitu tipe Venturer.

"Saat ini kami memiliki stok Innova hanya mentok di tipe TRD, sementara Venturer supplynya kosong. Paling jika konsumen ada yang minat, kami bisa bantu indent," ucap Rendy Waliansyah selaku Sales Advisor.

Kami juga mengingat bahwa salah satu kelangkaan ini terjadi akibat produksi yang sempat dihentikan ketika awal pandemi. Hal ini ternyata sangat berpengaruh pada pengiriman ke dealer-dealer. Apalagi Toyota secara keseluruhan memiliki dealer lebih dari 300 di seluruh Indonesia.

Lantas ada juga kabar yang menyebutkan bahwa Venturer segera disudahi karena menunggu kehadiran model terbaru pada akhir 2021 atau awal 2022 nanti. Dengan demikian jika Anda ingin membeli tipe tertinggi, maka akan ditawarkan varian TRD. Adapun harga jual untuk tipe TRD berkisar antara Rp 359 juta hingga Rp 431 jutaan.

Mengenai hal ini pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM Toyota di Indonesia pun angkat bicara. "Produk Venturer masih tetap ada dengan prosentase kurang lebih 20% dari total produksi Innova di Indonesia. Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk menurunkan produksi mobil termasuk Innova. Imbasnya angka produksi Venturer yang otomatis menjadi lebih kecil," terang Dimas Aska, Head of Media Relation TAM saat dihubungi Minggu (30/08). Mengenai 'pindah' konsumen Venturer ke TRD, Dimas mengatakan bahwa salah satu opsi terdekat dengan Venturer adalah tipe Q. Hanya saja tipe Q secara prosentase produk lebih sedikit dibanding Venturer. "Otomatis fokus pencarian di arahkan ke varian yang tepat berada di bawah Q, di mana posisinya ditempati oleh TRD," tutupnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com