Saat Di Lampu Merah. Pakai Rem Atau Rem Tangan?

Saat Di Lampu Merah. Pakai Rem Atau Rem Tangan?

Apakah yang dilakukan saat kita berhenti saat lampu merah? Apakah posisi tuas transmisi dalam posisi netra kemudian menginjak pedal rem, atau malah memindahkan tuas transmisi ke posisi P (parking) untuk mobil matik?

“Menggunakan rem parkir saat mobil berhenti sebenarnya kurang tepat menurut saya kurang tepat. Dalam kondisi tersebut pengemudi seharusnya cukup menginjak rem saja,” terang Leo Firmanto salah satu pegiat safety driving Indonesia.

Menurut Leo, kondisi ini membuat pengemudi jadi kurang waspada terhadap lingkungan sekitar. Dengan posisi e-brake terpasang pengemudi cenderung menurunkan kewaspadaan terhadap sekelilingnya dan reflek pengemudi akan turun, padahal masih di area yang rawan.

“Lampu rem akan tetap nyala dan hal ini menjadi sinyal bagi kendaraan di belakang bahwa Anda dalam posisi siaga dan berhenti,” sambung pria penggemar SUV dan motor tua ini.

Namun demikian, Leo mengatakan bahwa mungkin pendapatnya ini belum menjadi kesepakatan bersama, bahkan di beberapa negara menganjurkan untuk menggunakan e-brake selama berada di lampu merah. Bahkan, di Inggris mengajurkan untuk menggunakan e-brake karena saat lampu rem nyala bakal menyilaukan pengemudi di belakangnya.

“Kita lihat kondisi yang ada di Indonesia, di mana di jalanan kita banyak berbagi dengan jenis kendaraan lain terutama sepeda motor. Dengan demikian cukup alasan untuk menggunakan skeneario terburuk yakni dengan mengginjak rem mobil tanpa harus mengaktifkan e-brake,” tutupnya.

Mana yang paling cocok untuk Indonesia?

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com