Ruas-Ruas Tol Baru Di Sumatera dan Sulawesi Diresmikan Juli ini

Ruas-Ruas Tol Baru Di Sumatera dan Sulawesi Diresmikan Juli ini

Prasarana jalan di Indonesia tetap digenjot Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) walau pun dalam suasana pandemik Covid-19. Pembukaan empat ruas tol baru pun tetap berlangsung dan semuanya direncanakan mulai beroperasi pada bulan Juli ini.

Ruas tol pertama yang siap dioperasikan adalah seksi 4 tol Banda Aceh-Sigli. Ruas ini menghubungkan Indrapuri dan Blang Bintang sejauh 14 km.

Ruas tol Indrapuri-Blang Bintang akan meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya dari Sigli-Indrapuri ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang.

Lalu ada juga ruas tol yang tengah Uji Laik Fungsi (ULF) di beberapa seksi Tol Pekanbaru-Dumai. Yakni seksi 2 Minas-Kandis Selatan hingga seksi 6 Duri Utara-Dumai. Saat ini progres fisik tol ini telah mencapai 99,07% dan ditargetkan dapat beroperasi penuh dalam pada akhir bulan Juli.

Selanjutnya adalah tol pertama di Sulawesi Utara yang memiliki panjang 21 km. Tol Manado-Bitung (Mabit) segmen Manado-Airmadidi. Jalan Tol Mabit dari Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi hingga Kauditan.

“Saya kira truk pengangkut bahan seperti sawit bisa pindah menggunakan jalan tol dengan pertimbangan hitungan waktu,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari situs BPJT (20/07). “Dengan tol ini, pengguna dapat menghitung waktu perjalanan bahan dari asal sampai ke pabrik,”pungkasnya.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com