Nekat Abaikan Recall Xpander-Livina? Ini Konsekuensinya

Nekat Abaikan Recall Xpander-Livina? Ini Konsekuensinya

Nissan Livina serta Mitsubishi Xpander mengalami masalah pada komponen fuel pump. Hal ini diserukan oleh kedua APM tersebut dan ditanggulangi dalam bentuk recall.

Adapun tahun produksi Mitsubishi Xpander yang terdampak dari tahun 2017 hingga tahun 2019. Sedangkan untuk Livina dari Februari 2019 hingga Agustus 2019.

Tentunya, untuk kampanye recall ini, kedua APM menawarkan secara cuma-cuma. Adapun estimasi durasi pengerjaan sekitar 60 hingga 72 menit.

Lantas, jika recall ini diabaikan, apa yang bakal terjadi pada dua LMPV tersebut?

Sebuah Livina di bengkel resmi Nissan Alam Sutera

Foto: Danu - Banten

 

"Mobil bisa sewaktu-waktu mati karena tidak ada bahan bakar yang terpompa,” ujar recky Kristian selaku kepala cabang Dealer Nissan Alam Sutera ketika dihubungi oleh tim OtoDriver (21/6).

Berdasarkan investigasi yang dilakukan, ditemukan fenomena bahwa Fuel Pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi. Hal itu berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja, meskipun saat mobil sedang jalan sekalipun. Tentu hal ini sangat berbahaya jika mobil tengah melaju di jalan tol dan tiba-tiba mati mesin.

Pihak Mitsubishi menyebut kemungkinan penyebab masalah ini dikarenakan impeller yang memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Nissan sudah mulai menghubungi pemilik unit yang terdampak mulai Senin (22/6) lalu, agar pelanggannya dapat segera melakukan pemeriksaan mobilnya dan penggantian pompa bensin tersebut.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com